Alpian Maskoni : Membangun dan Memakmurkan Masjid, Itu Perintah Agama

16 total views, 3 views today


PAGARALAM,  KSOL–Walikota Pagaralam,  Alpian Maskoni melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baiturrahman yang berada di  Gang Repormasi RT 20 RW 10 Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Senin (5/8/2019).

Menurut Alpian, membangun dan memakmurkan masjid merupakan perintah agama.  Seperti motivasi yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW,  barang siapa yang membangun masjid karena Allah,  maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga.


Walikota Pagaralam,  Alpian Maskoni melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baiturrahman yang berada di  Gang Repormasi RT 20 RW 10 Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Senin (5/8/2019). (Foto. Dok.KSOL/Anton)

Meski begitu,  tentunya hal itu tidak sekedar membangun bentuk fisiknya saja,  tapi termasuk menghidupkan dan memakmurkan fungsi masjid oleh jamaah dan masyarakat disekitarnya. 

“Kita semua berharap agar masjid ini nantinya dapat berfungsi secara optimal, baik itu sebagai pusat ibadah, pusat dakwah dan pusat pembinaan umat, sehingga keberadaan masjid ini benar-benar dapat dirasakan masyarakat,” hendaknya. 


FOTO BERSAMA — Jajaran warga dan panitia pembangunan melakukan foto bersama usai peletakan baru pertama oleh Walikota Pagaralam,  Alpian Maskoni pada pembangunan Masjid Baiturrahman yang berada di  Gang Repormasi RT 20 RW 10 Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Senin (5/8/2019). (Foto. Dok.KSOL/Anton)

Ditambahkan Ketua RW 10 Kelurahan Nendagung,  Sugiharto mengatakan,  dengan didirikannya masjid ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga sebagai sarana mempertebal keimanan.

Ia mengatakan pembangunan Masjid Baiturrahman ini dilakukan karena masjid yang ada tidak dapat lagi menampung jumlah jamaah yang selalu bertambah seiring perkembangan jumlah penduduk. 

“Kami berharap agar panitia pembangunan juga mendapat bantuan pendanaan guna berlangsungnya penyelesaian Masjid Baiturrahman dan semoga saja melalui pembangunan tersebut dapat membuat warga setempat semakin kompak hingga terus menumbuhkan jiwa bergotong royong. 

Sementara itu Tokoh Agama Kota Pagaralam H Djamil Rusdi mengemukakan, bila melihat kepada sejarah masjid di jaman Rasulullah SAW, nyata bahwa masjid bukan sekedar wadah menghimpun umat islam untuk menunaikan ibadah sholat lima waktu saja,  tetapi masjid termasuk pula mempunyai peranan yang besar dalam kehidupan umat manusia. 


APARAT PEMERINTAH — Jajaran aparat pemerintah setempat, panitia pembangunan masjid dan tokoh masyarakat melakukan foto bersama usai peletakan baru pertama oleh Walikota Pagaralam,  Alpian Maskoni pada pembangunan Masjid Baiturrahman yang berada di  Gang Repormasi RT 20 RW 10 Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Senin (5/8/2019). (Foto. Dok.KSOL/Anton)

“Walaupun masjid dalam arti bahasa sebagai tempat sujud atau tempat beribadah, tapi dalam peradaban Islam keberadaan masjid mempunyai peranan besar dalam kehidupan umat,” terangnya seraya berharap agar prosesi pembangunan masjid Baiturrahman dapat semakin meningkatkan semangat masyarakat Gang Reformasi dan sekitarnya untuk lebih mendekatkan diri kepala Allah SWT.

Pantauan di lokasi,  peletakan batu pertama diawali dengan bacaan Basmallah oleh Walikota Alpian Maskoni dengan disaksikan  Wakapolres Pagaralam Kompol Tri Wahyudi, Asisten II Setdako Bidang Pembangunan H Safrani,  Camat Pagaralam Selatan H Heri Tasti didampingi Lurah Nendagung Mauludin, para SKPD,  Tokoh Masyarakat,  Agama,  Pemuda,  LSM, perangkat RT/RW dan undangan lainnya. 

Teks / Foto : Antoni Stefen





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com