Balai Bahasa Sumsel Gelar Festival Musikalisasi Puisi, Tingkat SMA/SMK/MA Se-Sumsel 2019

PALEMBANG  I  KSOL — Balai Bahasa Sumatera Selatan kembali menggelar Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA Se-Sumatera Selatan di Graha Budaya, Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring, pada Selasa, 30 Juli 2019.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Selatan, Firman Susilo, mengatakan festival musikalisasi puisi merupakan kegiatan rutin yang diadakan Balai Bahasa Sumatera Selatan sebagai sebuah upaya pembinaan bahasa dan sastra di Sumatra Selatan.

Firman mengharapkan, festival tersebut dapat menjadi wadah yang berguna untuk menyalurkan kreativitas siswa ke arah yang positif dalam mengapresiasikan karya sastra, khususnya puisi, sebagai sebuah kesatuan yang berirama.

MUSIKALISASI PUISI – Salah satu penampilan dalam Festival Musikalisasi Puisi
Tingkat SMA/SMK/MA Se-Sumsel 2019 yang diselenggarakan Balai Bahasa Sumsel di Graha Budaya, Taman Budaya Sriwijaya Palembang, Selasa, 30 Juli 2019 (Foto.Dok. Balai Bahasa Sumsel/M.Irsan)

Oleh sebab itu, Firman mengajak para peserta terus bersemangat dalam mengapresiasi sastra, khususnya puisi, yang sangat bermanfaat dalam menanamkan nilai-nilai positif bagi pendidikan karakter siswa. Festival Musikaliasi Puisi dibuka Kasubbag Tata Usaha Balai Bahasa Sumatera Selatan, Sukamto, S.E.

Mewakili Kepala Balai Bahasa, Sukamto mengungkapkan Festival Musikalisasi Puisi telah diselenggarakan sejak tahun 2006 dan mendapat sambutan yang sangat baik oleh masyarakat, khususnya pencinta sastra.

Festival serupa juga dilaksanakan pada tingkat nasional Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan di Jakarta. Untuk memberikan semangat kepada para peserta, Sukamto mengatakan, semua peserta telah menjadi juara, tetapi harus ada yang terbaik yang akan dipilih melalui festival pada hari ini, Selasa, (30/07/2019).

Beliau menegaskan, Pemenang I pada festival tingkat Sumatra Selatan ini akan diikutsertakan dalam Festival Musikaliasi Puisi Tingkat Nasional pada sekitar bulan Oktober yang akan datang.

Pada kesempatan itu, Ketua pelaksana kegiatan, Sari Herleni, menjelaskan musikalisasi puisi merupakan genre sastra yang melibatkan dua unsur penting, yaitu musik dan puisi yang kemudian diharmonisasikan untuk membentuk sebuah musikaliasiasi puisi.

Sari Herleni mengatakan, Festival Musikaliasi Puisi tahun ini diikuti 7 peserta mewakili 7 sekolah se-Sumatra Selatan.

“Secara kuantitas, ada penurunan jumlah peserta, tetapi secara kualitas, setelah kita menyaksikan penampilan dari setiap peserta, ternyata sangat banyak peningkatan,” ungkapnya.

FOTO BERSAMA — Para Pemenang bersama Dewan Juri foto bersama usai acara (Foto.Dok.Balai Bahasa Sumsel/M. Irsan)

Lebih lanjut, Sari juga menjelaskan, dewan juri yang bertugas pada festival kali ini Ahmad Rapanie Igama, Yos Ilyas, dan Frenky Daromes Ardesta.

Ketiga juri menilai setiap penampilan peserta sesuai dengan kriteria penilaian yang telah diberikan panitia, yaitu penafsiran puisi, komposisi musikal, kreativitas, originalitas, kelokalan, vokal, dan penampilan. Setiap peserta menampilkan dua musikalisasi puisi, yaitu berupa puisi wajib berjudul “Sejarah Tak Bernama” karya Firman Susilo dan satu puisi pilihan.

Penampilan peserta mendapat sambutan yang sangat meriah dari para penonton yang berasal dari pelbagai kalangan, baik siswa, guru, maupun masyarakat umum.

Menurut dewan juri, para peserta telah tampil secara maksimal. Namun, hal yang perlu ditingkatkan para peserta ialah keterampilan dalam memilih dan menginterpretasi puisi.

Dengan pemilihan dan penafsiran yang tepat, para peserta tentu akan menghasilkan komposisi musik dan penampilan yang baik. Setelah melakukan penilaian dan mendiskusikan setiap penampilan peserta, dewan juri menentukan pemenang festival sebagai berikut.

Para pemenang mendapatkan hadiah dari Balai Bahasa Sumatera Selatan berupa piala, piagam, dan uang pembinaan. Ketua dewan juri, Ahmad Rapanie Igama, mengharapkan, pemenang dalam festival ini terus berlatih agar dapat bersaing dengan peserta dari provinsi-provinsi lain dan mendapatkan juara di tingkat nasional.

TEKS : RELEASE / M IRSAN BALAI BAHASA SUMSEL

DAFTAR PEMENANG

  • Pemenang I MAN Insani Cendikia, Ogan Komering Ilir
  • Pemenang II SMA Negeri 1 Lubuklinggau.
  • Pemenang III SMK Setia Dharma Palembang.
  • Harapan I SMA Sriguna Palembang.
  • Harapan II SMKN Rawas Ulu, Kabupaten Musirawas Utara.
  • Harapan III SMA Mafaza Lubuklinggau.
  • Harapan IV SMA Negeri 17 Plus Palembang.

Sumber : Panitia Pelaksana




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com