Wali Kota Pagaralam Jamu dan Lepas 125 JCH

 639 total views,  2 views today

PAGARALAM, KSOL–Ibadah haji merupakan ibadah sekali seumur hidup dan tidak semua orang dapat langsung menjalankannya. Sebanyak 125 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Pagaralam dijamu dan dilepas dari Masjid Al Akbar Komplek Perkantoran Gunung Gare oleh Walikota Pagaralam Alpian Maskoni,  Senin (1/7/2019).  

Pantauan di lokasi, para JCH yang akan berangkat ke Tanah Suci, sebelum dilepas mereka menikmati jamuan makan di Rumah Dinas Walikota, Jalan Laskar Wanita Mintarjo, Komplek Perkantoran Gunung Gare, Kota Pagaralam.

Walikota Alpian Maskoni didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pagaralam H Winhartan mengatakan, jemaah asal Pagaralam berasal dari berbagai kalangan mulai dari pedagang, petani, swasta, ibu rumah tangga maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Alhamdulillah,  kita dapat memberangkatkan dan mendapat kuota sebanyak 125 jamaah,” kata Alpian. Dikatakan Alpian,  Pemerintah Kota Pagaralam telah menyediakan bantuan transportasi sebanyak 4 armada bus dan konsumsi bagi 125 JCH Pagaralam yang rencananya akan diberangkatkan dari Masjid Al Akbar Gunung Gare menuju Asrama Haji Palembang pada 8 Juli mendatang.

“Semoga saja ibadah para jemaah calon haji ini dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga menjadi haji mabrur dan kembali lagi ke tanah air dengan baik dan sehat,” hendaknya. Jumlah jamaah tersebut sambung Winhartan, ada di antara mereka  memilki resiko tinggi (Risti), mengingat kondisi mereka sudah berusia 60 tahun ke atas. Meski begitu,  jamaah calon haji merupakan Tamu Allah yang wajib diutamakan.

“Semoga ibadah mereka bukan semata-mata ibadah sebagaimana biasanya, tapi merupakan ibadah sekali seumur hidup yang tidak semua orang bisa langsung menjalankannya,” sambungnya.Bila melihat pada keberangkatan haji di tiap-tiap daerah kata Winhartan,  hal itu merupakan tanda-tanda ekonomi daerah masih berjalan baik.

Termasuk pemahaman agama masyarakat jauh lebih baik, mengingat untuk naik haji tentunya dibutuhkan dana yang besar.  Selain itu termasuk pula membutuhkan waktu yang cukup panjang ketika mendaftar sebagai calon jemaah haji.

“Bagi jemaah yang menjalankan ibadah haji, diharapkan agar selalu menjaga kesehatan, kesabaran dan keikhlasan. Selain itu dapat menahan diri ketika berada di Tanah Suci serta dapat mempertanggungjawabkan diri sebagai haji setelah selesai melaksanakan haji,” harapnya.

Diketahui, pelepasan calon jemaah haji kali ini memang agak berbeda daripada biasanya. Sejak pagi hari kompleks Masjid Al Akbar dipadati warga yang terdiri dari kerabat maupun sanak keluarga.

Mereka juga terlihat memadati pelataran rumah dinas Walikota sejak pagi dengan setia menunggu hingga seluruh jemaah meninggalkan rumah dinas. Tampak pada kegiatan tersebut dihadiri Walikota Pagaralam Alpian Maskoni,  Kepala Kemenag Drs H Winhartan, unsur Muspida Kota Pagaralam, jajaran SKPD beserta undangan lainnya.

Teks / Foto : Antoni Stefen





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster