Pemkot Pagaralam Wajibkan ASN Kenakan Tanda Pangkat Jabatan

 749 total views,  1 views today

PAGARALAM,  KSOL–Upaya mewujudkan ketertiban,  kedisiplinan dan kewibawaan para Aparatur Sipil Negara (ASN),  Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam mulai menerapkan tanda kepangkatan dan jabatan.

Hal itu tertuang melalui Surat Edaran Walikota Pagaralam Nomor : 51/SE/SD.VII/2019, tentang penggunaan kepangkatan dan jabatan pada pakaian dinas harian di lingkungan Pemerintahan Kota Pagaralam. 

Sejumlah ASN di Pagaralam foto bareng dengan Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni,
usai apel bulanan di Halaman Kantor Walikota Pagaralam,  Jalan Laskar Wanita Mintarjo,  Senin (1/7/2019). (Foto. Dok.KSOL/Anton)

Penggunaan aturan dimaksud, ditandai dengan penyematan tanda pangkat dan jabatan oleh Walikota Alpian Maskoni kepada Sekretaris Daerah H Safrudin saat pelaksanaan apel bulanan di Halaman Kantor Walikota Pagaralam,  Jalan Laskar Wanita Mintarjo,  Senin (1/7/2019).

Wali Kota, Alpian Maskoni pada kesempatan itu menjelaskan,  pihaknya mulai menerapkan aturan tersebut guna terlaksananya ketertiban, kedisiplinan, kewibawaan dan meningkatkan tanggungjawab ASN di Pemerintahan Kota Pagaralam dalam melayani masyarakat. 

“Pemasangan tanda kepangkatan dan jabatan ini mulai 1 Juli 2019 harus diikuti oleh seluruh pegawai di Pemerintahan Kota Pagaralam,” tegasnya.
Meski begitu kata Alpian,  aturan ini diterapkan sebagai wujud persatuan dan kesatuan diantara sesama ASN.

Selain itu termasuk pula memelihara semangat gotong royong dalam melaksanakan tugas hingga menumbuhkan rasa aman serta meningkatnya kualitas pelayanan publik.

“Semoga saja kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu kendala yang berarti,” harapnya. 

Ditambahkan Sekretaris Daerah (Sekda)  H Safrudin,  penggunaan tanda pangkat dan jabatan wajib dikenakan dengan sebaik-baiknya guna terwujudnya rasa nasionalisme dan mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi maupun golongan.

Termasuk pula membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas,  menjunjung tinggi kehormatan negara,  pemerintah,  martabat ASN serta mencapai sasaran kerja yang ditetapkan. 

“Tanda pangkat dipakai selama hari kerja dan tanda pangkat dan jabatan tersebut dipasang pada lidah baju dipundak kiri dan kanan. Sementara tada cupu jabatan digunakan atau dipasang pada kancing kantong saku baju sebelah kiri,” sambungnya. 

Kendati demikian lanjutnya,  pihaknya akan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan tanda pangkat jabatan. Sementara penyalahgunaan tanda pangkat dan jabatan tersebut akan diberikan sanksi disiplin sesuai dengan peraturan perundang-undangan kepegawaian. 

“Bagi seluruh pegawai di Pemerintahan Kota Pagaralam patutlah mematuhi aturan yang telah diterapkan guna terwujudnya pegawai yang disiplin,  patuh akan aturan dan tentunya memberikan taulan bagi masyarakat,” ujarnya. 

Teks / Foto : Antoni Stefen





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster