Gubernur Sumsel Bangga, Pagaralam Destinasi Wisata Andalan Sumsel

PAGARALAM, KSOL—Pembukaan Besemah Expo-XVII dan Festival Besemah-XVII dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pagaralam ke-18, berlangsung di Lapangan Merdeka Alun-Alun Utara, Kecamatan Pagaralam Utara. Acara disambut meriah oleh segenap lapisan masyarakat yang ada di Bumi Besemah dan dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, Jumat (21/6/2019).

Gubernur H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, dirinya begitu bangga dengan kemajuan Kota Pagaralam meskipun baru berumur 18 tahun, tapi kota ini sudah menjadi daerah destinasi wisata andalan Sumsel. “Pagaralam patut kita banggakan, mengingat kota ini mulai membangun dari bawah hingga sekarang ini dan telah menjadi kota wisata yang banyak menyimpan destinasi wisata andalan Sumsel,” kata Gubernur seraya mengucapkan selamat hari jadi Kota Pagaralam ke-18.

Ditambahkan Walikota Alpian Maskoni mengatakan, Besemah Expo dan Festival Besemah digelar sebagai wahana dalam menampilkan kemajuan pencapaian hasil pembangunan Pagaralam hingga berusia 18 tahun sejak ditetapkan menjadi Kota Pagaralam 2001 silam.

“Stand-stand yang dirancang oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam mengilustrasikan pencapaian hasil pembangunan Kota Pagaralam selama 18 tahun,” terangnya seraya mengatakan dengan semangat hari jadi Kota Pagaralam ke-18 tahun 2019 ini, mari kita tumbuhkan semangat gotong royong dalam bekerja keras, bekerja cerdas demi terwujudnya Pagaralam maju.

Meski begitu lanjutnya, event ini merupakan agenda tahunanan yang selalu digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pagaralam, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM PP) dengan menggelar Besemah Expo dan Festival Besemah di Lapangan Merdeka Alun-Alun Utara Kota Pagaralam.

“Pada perayaan event tahunan kali ini diharapkan dapat menghibur seluruh lapisan masyarakat hingga menjadi cerminan dan gambaran atas keberhasilan pembangunan yang telah diupayakan sejak kota ini berdiri hingga berumur 18 tahun,” ujarnya seraya berkata semoga saja melalui Besemah Expo dan Festival Besemah ini dapat berdampak pada meningkatnya penghasilan asli darah.

Terpisah, Plt Kepala Disperindagkop UKM PP, Gindo Simanjuntak, acara ini merupakan ajang promosi kemajuan daerah melalui sejumlah stand yang diisi oleh para SKPD, BUMN/D, swasta, serta undangan dari Kabupaten/kota se-sumsel, Provinsi Bengkulu dan lainnya. “Melaui kegiatan ini pihaknya menampilkan berbagai macam produk unggulan daerah baik dalam bentuk panganan olahan, hasil pertanian, pasar kuliner dan sarana promosi wisata daerah,” terangnya seraya berkata kegiatan ini juga melibatkan masyarakat umum dan pedagang dari berbagai daerah.

Sementara untuk Festival Besemah, kata Gindo, diikuti sejumlah tim kesenian yang ada di kota ini dan tim kesenian dari Kabupaten/kota se-sumsel dan provinsi tetangga. “Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu kendala yang berarti,” harapnya.

Pantauan di lokasi pembukaan Besemah Expo dan Festival Besemah berjalan baik dan lancar dengan dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru beserta Istri, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, Wakil Walikota M Fadli Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani, Walikota Palembang H Harnojoyo, Mantan Bupati Lahat H Saifudin Aswari Riva’i, mantan Walikota Hj Ida Fitriati Basjuni, Sekda H Safrudin, Kapolres AKBP Trisaksono Puspo Aji, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Komisioner KPU, Bawaslu, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan, Kantor Bagian, Camat dan Lurah, OKP, LSM, serta undangan lainnya. Kemudian kegiatan diteruskan dengan kunjungan di sejumlah stand Besemah Expo dengan diiringi Walikota, Wakil Walikota beserta unsur muspida dan undangan lainnya. (Adv)

Teks : Antoni Stefen




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com