Jelang Idul Fitri, Pedang Kue Ramaikan Pasar Pagaralam

 198 total views,  1 views today

PAGARALAM, KSOL —Perayaan Idul Fitri 1440H/2019M masih satu pekan lebih, tapi para pedagang kue kering sudah mulai ramai menjajakan kue disejumlah pasar yang ada di Bumi Besemah.    

“Ya, para pedagang kue  mulai ramai menggelar dagangan di sepanjang Jalan Sersan Ali Aras Kota Pagaralam. Termasuk sejumlah toko kue pun mulai menata barang dagangannya guna menarik perhatian para konsumen untuk  melengkapi kebutuhan di bulan Ramadhan hingga Lebaran nanti,” kata Ojik, salah satu agen kue kering dikawasan Pasar Dempo Permai, Senin (27/5/2019).

Menurutnya, sebagai penyedia perlengkapan makanan dan minuman, pihaknya sudah memasang  harga spesial  aneka kue kering mulai dari Rp 30 ribu Perkilogram hingga Rp 70 ribu Perkilogram.

“Disini ada aneka jenis kerupuk, kemplang dan katus berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 60 ribu Perkilogram. Sedangkan jenis bahan kacang dijual Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu,” ujarnya.

Pekan pertama bulan Ramadhan  kali ini sambungnya, cukup lumayan ramai para peminat kebutuhan berbuka puasa, termasuk mulai ramai pesanan untuk persiapan lebaran nanti.

Sejumlah pedagang kue di Kota Pagaraalam jelang Idul Fitri 1440 H (Foto.Dok.KSOL/Anton)

“Sejauh ini di Pagaralam tengah memasuki musim panen dan sebagian besar penghasilan tetap masyarakat di Bumi Besemah ini didapat dari hasil pertanian dan perkebunan. Termasuk pula hasil panen  kali ini cukup banyak dan harga jualnya pun lagi bagus,” jelasnya dengan nada riang.

Hal senada dikatakan Yon Linda (45) pedagang lainnya, Ramadhan kali ini cukup ramai pengunjung. Ia mengatakan, selain meraup keuntungan yang banyak, aneka jenis kue dan roti yang dijajakan beragam rasa dan tergolong murah.

“Alhamdulillah, hasil penjualan aneka kue dan roti sejak memasuki Ramadhan kali ini cukup lumayan bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Yon.

Sementara itu,  Plt Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM PP) Kota Pagaralam, Gindo Simanjuntak SSt MM mengatakan, Bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran kali ini para pedagang aneka kue kering  mulai menjamur menjajakan dagangannya disejumlah pasar yang ada di Pagaralam. Termasuk peminat kebutuhan tersebut sejauh ini cukup dominan hingga menjelang lebaran mendatang.

“Sejauh ini harga penjualan sejumlah makanan dan minuman untuk kebutuhan puasa hingga lebaran masih diambang normal. Meski begitu, kami bersama tim gabungan yang ada terus melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman, guna menghindari berbagai pruduk kedaluarsa maupun bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya lainnya,” singkatnya.

Teks / Foto : Antoni Stefen





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster