Jelang Bulan Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok Terus Naik

50 total views, 3 views today

PAGARALAM, KSOL—Menjelang bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah, sejumlah kebutuhan bahan pokok di beberapa pasar yang ada di Bumi Besemah naik cukup signifikan.

Misalnya harga minyak sayur, semula Rp. 11 ribu naik menjadi Rp. 13 ribu perkilo. Kemudian harga gula pasir semula Rp. 11 ribu naik menjadi Rp. 13 ribu perkilo, gandum Rp. 12 ribu, sagu Rp. 12 ribu. Selanjutnya harga telor satu karpet Rp. 48 ribu. Kemudian harga bawang merah Rp. 30 ribu, bawang putih Rp. 50 ribu, teri Rp. 82 ribu perkilo.

“Termasuk harga beras perkilonya pada kisaran Rp. 11-12 ribu perkilonya,” ujar Elfina, salah seorang ibu rumah tangga, warga Griya Bangun Sejatera Pagaralam, Rabu (24/4/2019).

Ia mengatakan, sejumlah harga kebutuhan pokok sejak sepekan terakhir menjelang bulan Ramadhan terus naik dan sepertinya akan naik lagi hingga membingungkan konsumen.

“Semoga kenaikan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok ini dapat stabil kembali dan pihak terkait diminta segera melakukan pengawasan terhadap kenaikan harga yang cukup signifikan ini,” harapnya.

Menurut Hengki, salah seorang distributor sembako di Pagaralam mengatakan, kenaikan harga sembako sudah berlangsung sejak beberapa pekan terakhir mengingat pasokan yang ada sebagian besar didatangkan dari luar daerah Pagaralam seperti Bengkulu, Palembang dan Lampung.

“Beberapa kebutuhan pokok yang ada mayoritas didatangkan dari luar daerah hingga mempengaruhi harga dipasaran dan kenaikan harga tersebut memang sudah naik di tingkat agen,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM PP) Kota Pagaralam, Gindo Simanjuntak mengatakan, kenaikan sejumlah harga bahan pokok dipasaran mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadhan, tapi masih dalam ambang kewajaran.

“Kami segera melakukan pengawasan terhadap pergerakan harga kebutuhan pokok yang ada dan diminta agar para pedagang tidak menaikan harga secara sepihak,” ujarnya.

TEKS/FOTO : Antoni Stefen





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com