Belum dilaporkan, hakim melanggar KEPPH keburu ditangkap KPK

2 total views, 1 views today

KSampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada: Penghubung Komisi Yudisial Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan melalui email: penghubungky@gmail.com atau pkysumsel@komisiyudisial.go.idRespon akan dimuat setiap 3 pekan

Pertanyaan Masyarakat:

  1. Kami bermaksud menyampaikan hakim yang melanggar KEPPH namun ternyata keburu ditangkap KPK karena melanggar tindak pidana korupsi. Jadi bisakah tetap diproses KY?

Pengirim : Farizal B di Pangkalan Balai. Ijal@yahoo.com

Respon:

Peraturan KYRI Nomor 2 Tahun 2015 Pasal 60 menyatakan bahwa dalam hal penanganan laporan ditemukan dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh terlapor (tertangkap tangan, ditangkap, atau ditetapkan sebagai tersangka), Komisi Yudisial dapat menghentikan penanganan berdasarkan Penetapan Sidang Pleno atau Keputusan Sidang Pleno. Selanjutnya KY akan menyerahkan penuh kepada aparat penegak hukum untuk proses lebih lanjut. Demikian penjelasan kami.

Pertanyaan Masyarakat:

  • Komisi Yudisial apakah pelanggaran perilaku hakim saat sedang berdinas seperti parsial atau berpihak dalam pemeriksaan dapat disampaikan ke KY dan bagaimana caranya? Terima kasih.

Pengirim : Purnamasari di Banyuasin. Purnamasari@yahoo.co.id

Respon:

Bila memang mendapatkan informasi/melihat langsung pada saat pemeriksaan perkara hakim diduga parsial atau berpihak dapat dilaporkan ke KYRI. Diharapkan disertai dengan bukti pendukung seperti rekaman suara atau video. Silahkan untuk langsung disampaikan ke kantor milik kita bersama di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

  • Saya orang tua dari anak saya yang sedang ditahan karena dituduh mencuri bermaksud melaporkan hakim. Apa perlu surat kuasa untuk itu?. Terima kasih.

Pengirim : Rosadi di Bnayuasin. sadi@yahoo.com

Respon:

Jika mewakili seseorang yang ingin melaporkan dugaan pelanggaran KEPH (Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim) memang harus disertai surat kuasa khusus yang sudah disiapkan oleh tim adminitrasi pelaporan KYRI. Silahkan hubungi kantor KYRI Penghubung Wilayah Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

  • Bolehkah pelajar atau mahasiswa menyampaikan dugaan pelanggaran etika dan perilaku hakim kepada KY?

Pengirim : Taslim. Mahasiswa PTS Palembang.

Respon:

Komisi Yudisial tidak hanya memberikan ruang dan kesempatan yang amat luas bagi masyarakat tanpa dibatasi status dan kepentingannya untuk menyampaikan dugaan KEPH (Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim). Silahkan kawan-kawan mahasiswa mampir ke kantor milik kita di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

  •  Saya mau tanya apa saja syarat membuat laporan putusan hakim ke KY atas perbuatan hakim yang nakal?

Pengirim : Ira Septiani di Palembang. isnaini@gmail.com.

Respon:

Siapkan saja Bukti formil (KTP/SIM/Paspor, KTA khusus advokat, surat kuasa khusus bagi yang menggunakan kuasa) dan bukti materiil (fotokopi salinan resmi putusan/penetapan jika yang dilaporkan adalah putusan yakni mengikuti tingkat peradilan, seperti tingkat pertama, banding, kasasi dan PK, disertai video, audio visual, rekaman persidangan, foto, dan kliping koran bila ada, serta keterangan saksi minimal 2 orang secara tertulis di atas kertas bermaterai).

  • Bolehkah melaporkan kembali pelanggaran etika hakim karena baru menemukan bukti yang kuat.

Pengirim : Herdi Al Usman di Muara Enim. herdi@yahoo.co.id

Respon:

Komisi Yudisial membuka ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin kembali melaporkan dugaan pelanggaran KEPPH bila sudah menemukan bukti yang kuat. Prosedur formil dan materilnya sama seperti semula, namun khusus untuk tipe laporan seperti yang akan saudara sampaikan tidak perlu lagi melampirkan bukti formilnya, namun cukup dengan bukti materilnya saja, nanti akan kami bantu untuk membuka kembali dokumen laporan lama saudara. Jika bukti yang akan saudara sampaikan amat kuat maka laporan saudara akan menjadi prioritas. Selengkapnya dapat menghubungi kantor KYRI Penghubung Wilayah Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor7490 Telp: 07115734945 (Gedung Baznas lantai 2 bagian kiri, Depan Kodam Sriwijaya). Terima kasih.





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com