Ada pelanggaran kode etik hakim di Lampung Utara (Kolom PKY Edisi Maret 2019)

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas
kepada: Penghubung Komisi Yudisial Republik Indonesia
Wilayah Sumatera Selatan
melalui email: penghubungky@gmail.com atau pkysumsel@komisiyudisial.go.id
Respon akan dimuat setiap 3 pekan

————————————–

Pertanyaan Masyarakat:

1.Saat ini keluarga kami sedang berperkara perdata dengan salah satu badan usaha. bermaksud meminta bantuan KY melakukan pemantauan sidang agendanya saksi. Mohon info teknis meminta bantuan KY. Terima kasih.

Pengirim : Hasyim di Banyuasin. simh@gmail.com

Respon:
Prosedur permintaan pemantauan sidang oleh masyarakat ke KYRI sangat mudah, silahkan menyiapkan syarat administratif (identitas pelapor beserta alamat surat, alamat email, nomor hp/faximile, lalu nomor perkara, jadwal dan agenda persidangan, identitas majelis hakim dan panitera pengganti, identitas para pihak yang berperkara, kronologis singkat perkara) dan syarat substanstif (uraian mengenai alasan diperlukannya pemantauan). Kami harapkan untuk segera datang ke kantor PKY Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya). Permintaan pemantauan dapat pula dikirim melalui @gmail.com atau pkysumsel@komisiyudisial.go.id

2.Dari Kotabumi Lampung jauh-jauh kami telah siap akan menyampaikan pelanggaran kode etik hakim, apakah perlu diberi bukti-bukti video.

Pengirim : Araswita di Kotabumi. witainii55@gmail.com.

Respon:
Jika memang memiliki bukti pendukung dalam bentuk video yang membuktikan indikasi pelanggaran KEPPH oleh hakim tentu laporan yang disampaikan akan lebih berkualitas. KY memberikan kemudahan untuk mengirimkan bukti pendukung tersebut melalui email PKY Sumsel penghubungky@gmail.com atau dapat dikirim ke kantor PKY Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya). Terima kasih.

3.Apakah Komisi Yudisial ada perwakilannya di Provinsi Jambi karena kami dari Kecamatan Muaro Jambi berencana beraudiensi. Terima kasih.

Pengirim : Rendra di Muaro Jambi. Ndraren@yahoo.com

Respon:
Untuk saat ini KY belum memiliki Penghubung di provinsi Jambi. Oleh karena itu diharapkan apabila saudara ingin melakukan audiensi maupun menemukan pelanggaran KEPPH di daerah saudara dapat berkoordinasi dengan PKY Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

4.Bagaimana caranya bila mau menyampaikan pelanggaran hakim pada putusan yang dibuatnya, tolong prosedurnya.

Pengirim : Lailati Hayin di OKU Selatan. tati@yahoo.co.id

Respon:
Prosedur menyampaikan laporan pelanggaran hakim cukup dengan menyiapkan syarat formil (KTP/SIM/Paspor), dan syarat materiil (fotokopi salinan resmi putusan/penetapan yang dilaporkan yakni mengikuti tingkat peradilan, seperti tingkat pertama, banding, kasasi dan PK, disertai video, audio visual, rekaman persidangan, foto, dan kliping koran bila ada). Terima kasih.

5.Tolong KY periksa perkara kami yang telah diputus majelis melalui surat keputusannya karena kami menganggap ada kejanggalan.

Pengirim : Mustika di Indralaya. Mustikika99@gmail.com

Respon:
Silahkan datang langsung ke kantor PKY Sumsel di Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya) untuk kami lakukan penggalian informasi secara mendalam. Untuk efisiensi, sebaiknya saudara siapkan pula syarat formil (KTP/SIM/Paspor), dan syarat materiil (fotokopi salinan resmi putusan/penetapan yang dilaporkan yakni mengikuti tingkat peradilan, seperti tingkat pertama, banding, kasasi dan PK, disertai video, audio visual, rekaman persidangan, foto, dan kliping koran bila ada). Terima kasih.

6.KY tolong periksa polisi dan jaksa pemain alias makelar perkara di Sekayu. Terima kasih.

Pengirim : Pendekar di Muba. Anonimia@yahoo.com

Respon:
Perlu kami jelaskan bahwa UU Komisi Yudisial Nomor 18 Tahun 2011 menegaskan wewenang dan tugas KY hanya menjaga dan mengawasi etika dan perilaku hakim. Silahkan saja disampaikan laporannya untuk kami telusuri secara mendalam, apakah ada keterkaitan hakim di dalamnya ataukah murni perilaku polisi dan jaksas tersebut. Kami tunggu kehadirannya di kantor milik kita bersama di Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com