Jalan Rusak Parah, Dinding Pengaman Jembatan Hilang

 155 total views,  1 views today

PAGARALAM, KSOL–Kondisi sejumlah jalan si Kecamatan Dempo Utara mulai dari Dusun Talang Darat-Dusun Tanjung Taring-Dusun Tanjung Keling-Dusun Cawang Lama-Dusun Cawang Baru hingga simpang 4 Tanjung Payang Kecamatan Pagaralam Selatan, sejauh ini banyak mengalami kerusakan cukup serius.

Padahal sejumlajalan dimaksud merupakan jalan alternatif dan menjadi jalur perekonomian, pertanian dan perkebunan warga setempat menuju kawasan perkotaan. Selain mengalami kerusakan jalan, ada beberapa jembatan dikawasan ini banyak tidak memiliki guard rail atau pagar pengaman yang terbuat dari pipa besi hingga mengancam keselamatan para pengendara yang melintas.

Kondisi sejumlah jalan si Kecamatan Dempo Utara mulai dari Dusun Talang Darat-Dusun Tanjung Taring-Dusun Tanjung Keling-Dusun Cawang Lama-Dusun Cawang Baru hingga simpang 4 Tanjung Payang Kecamatan Pagaralam Selatan, sejauh ini banyak mengalami kerusakan cukup serius. (Foto.Dok.KSOL/Anton)

“Padahal jalur tersebut merupakan jalan alternatif yang menghubungkan 6 dusun dan 2 kecamatan, tapi hingga kini belum juga dilakukan perbaikan,” kata Surani, salah seorang Ketua RT setempat, Senin (4/3/2019).

Ia mengatakan, sejumlah jalan banyak mengalami kerusakan cukup parah, mulai dari berlobang, retak hingga amblas akibat kurang didukung oleh dreinase yang ada. “Jika melintas diharapkan agar dapat beehati-hati mengingat banyak jalan berlobang hingga membahayakan pengendara,” ujarnya seraya berharap agar dinas terkait dapat segera melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang ada.

Ditambahkan Andra, warga lainnya mengungkapkan, selain badan jalan banyak berlobang dan bergelombang, hampir seluruh jalan yang ada tidak pula dilengkapi marka jalan. “Cukup komplit fasilitas yang tidak dipenuhi di jalan ini hingga kerap kali terjadinya kecelakaan,” sambungnya dengan nada sedikit mengeluh.

Sebagai informasi, sebagian besar jalan yang mengalami kerusakan merupakan sisa peninggalan Pemerintahan Kabupaten Lahat tempo dulu dimana saat itu Kota Pagaralam masih menginduk pada Kabupaten Lahat.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR setempat H Hariyasi Razak melalui Kabid Bina Marga Achmad Ardiansah mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait banyaknya kerusakan badan jalan dan ada beberapa jembatan tidak memiliki pipa pagar pengaman di jalan alternatif yang menghubungkan 2 kecamatan dimaksud.

“Sejauh ini Dinas PUPR Kota Pagaralam telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengajukan anggaran perbaikan terhadap jalan dimaksud melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun usulan dana Bangun Sumsel,” terangnya seraya berharap agar kegiatan ini dapat segera terealisasi secepatnya.

TEKS / FOTO : ANTONI STEFEN





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster