Balai Bahasa Sumsel siap gelar Lomba Wajah Bahasa Sekolah, Firman : Meningkatkan situasi tertib berbahasa 

16 total views, 1 views today

Drs. H. Firman Susilo, M. Hum, Kepala Balai Bahasa Sumsel (Foto.Dok.Balai Bahasa Sumsel)

PALEMBANG  I   KSOL — Wajah Bahasa sekolah, merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah. Oleh sebab itu perlu ada upaya peningkatan situasi tertib berbahasa di ruang publik.

Hal itu diungkapkan Drs. H. Firman Susilo, M. Hum, Kepala Balai Bahasa Sumsel, terkait dengan gelaran lomba wajah berbahasa sekolah di Sumsel, belum lama ini di Palembang.

Pentingnya penertiban bahasa di runag publik, terutama di sekolah menurut Firman, sebagai bagian dari pendidikan literasi hayat, sesuai perintah UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Berdasar itu, Balai Bahasa Sumatera Selatan, bersama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan akan melaksanakan Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik Melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2019.

Pada gelaran ini, menurut Firman, akan melibatkan sekolah di semua tingkatan. Baik SD negeri/swasta, MI negeri/swasta, SMP negeri/swasta, MTs negeri/swasta dan SMA/MA/SMK negeri/swasta se-Sumsel.

Firman menjelaskan, peserta aksi terbaik akan diseleksi untuk memperebutkan penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2019.

“Lima peserta terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Provinsi Tahun 2019 dan uang pembinaan,” tegasnya.

Firman menambahkan, khusus lima terbaik tingkat SMP/MTs akan diikutsertakan pada kegiatan sejenis tingkat nasional memperebutkan total hadiah sebesar 54 juta.

Deadline 8 Maret 2019

Ditambahkan, Rita Aryani salah satu tim panitia lomba mengatakan, teknis pelaksanaan, Peserta atas nama lembaga sekolah mendaftarkan diri dengan mengirimkan foto objek penggunaan bahasa lembaga sekolah. Masing-masing paling lambat tanggal 8 Maret 2019.

Menurut Rita, objek yang dimaksud adalah tulisan nama sekolah atau nama gedung, sarana umum, ruang pertemuan, nama produk barang/jasa, nama jabatan, penunjuk arah atau rambu umum, serta tulisan yang berbentuk spanduk atau alat informasi lain sejenisnya. “Foto objek harus yang terbaru dan foto asli hasil pemotretan di sekolah,” tegasnya tadi malam, saat dihubungi kabarsumatera.com via WA.

TEKS : BALAI BAHASA SUMSEL  I  EDITOR : IMRON SUPRIYADI  I  ILUSTRASI : GOOGLE IMAGE/DIOLAH

 

HADIAH DAN PENGHARGAAN :

Tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA.

Terbaik 1 Rp 5.000.000

Terbaik 2  Rp 4.500.000

Terbaik 3 Rp 4.000.000

Terbaik 4 Rp 3.500.000

Terbaik 5 Rp 3.000.000.

Total hadiah sebesar Rp 60.000.000 (Enam Puluh Juta Rupiah).

CATATAN :Ketentuan teknis bisa dibaca melalui brosur, dan pihak sekolah bisa berkomunikasi dengan panitia di daerah (Balai Bahasa Sumsel) di Nomor HP/WA 0816381602 (Linny), 081278966331  (Rita Ariani),082176188211  (M. Irsan), dan 08127347835 (Ratna).





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com