Bupati Muara Enim A Yani Paparkan RPJMD Visi Kabupaten 2018-2023

MUARA ENIM    I  KSOL  – Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dan Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH, paparkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2023, pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023 di Ruang Pangripta Nusantara, Bappeda Muara Enim, Senin (21/1/2019).

Pada kesempatan itu, Ahmad Yani menyampaikan perencanaan pembangunan Kabupaten Muara Enim lima tahun ke depan merupakan upaya bersama dalam mewujudkan Muara Enim untuk rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

RPJMD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode lima tahun, dan merupakan penjabaran dari visi, misi, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Visi jangka panjang, 20 tahun, Kabupaten Muara Enim 2005-2025 adalah Kabupaten Muara Enim yang Sehat, Mandiri, dan Sejahtera sebagaimana diamanatkan Peraturan Daerah Kabupaten Muara Enim Nomor 8 Tahun 2008, tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang  2005-2025.

Dalam RPJPD ini, tahapan pembangunan lima tahun , 2018-2023, atau RPJMD Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2023 merupakan tahap ke-3 dan ke-4 rencana pembangunan dengan prioritas pembangunan pada aspek pengembangan dan pemantapan ekonomi lokal, yang kompetitif, memiliki daya saing yang ditopang oleh peningkatan dan pengembangan kerjasama antar-lembaga dan antar-wilayah, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan IPTEK, infrastruktur, lembaga kepemerintahan.

“Musrenbang RPJMD ini merupakan langkah awal kita mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim, Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera. Melalui Musrenbang RPJMD ini kami mengharapkan masukan dan partisipasi dari semua peserta Musrenbang, dan pemangku kepentingan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, arah kebijakan dan program pembangunan daerah,” papar Bupati.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Ir H Hasanudin, Msi, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Dr H Abdul Najib, MM, Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim H Ramlan Suryadi ST M.si, Kementerian PPN/Bappenas Andono mulyo MA Ph.D, FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Muara Enim, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Muara Enim, serta Camat Lingkup Kabupaten Muara Enim.

Adapun tahapan-tahapan proses RPJMD Kabupaten Muara Enim tahun 2018 – 2023 sebagai berikut :

  1. Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD (telah  dilaksanakan sejak tanggal 10 Januari sampai dengan tanggal 6 Juli 2018 dan telah disampaikan kepada Gubernur dan Kementerian Dalam Negeri).
  2. Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan RPJMD (telah kita laksanakan pada tanggal 9 Agustus 2018 yang lalu).
  3. Persiapan Penyusunan Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah Tahun 2018-2023 (telah disampaikan kepada Perangkat Daerah pada tanggal 31 Juli 2018 dan juga telah dilaksanakan Bimtek Renstra Perangkat Daerah pada tanggal 4 September 2018 yang Ialu).

Sumatera Selatan dan Perangkat Daerah terkait) dengan hasil berupa Saran Gubernur untuk Penyempurnaan Ramcangan Awal RPJMD.

  1. Penyusunan Rancangan Renstra Perangkat Daerah (Desember 2018).
  2. Pelaksanaan Musrenbang RPJMD (Alhamdulillah, kita dapat memenuhi amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, khususnya Pasal 64 ayat (1) sebagaimana telah disampaikan sebelumnya).
  3. Setelah pelaksanaan Musrenbang RPJMD ini, selanjutnya akan disampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD kepada DPRD untuk memperoleh Persetujuan Bersama dan dilanjutkan.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN   l   EDITOR :  P HAYATI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com