Raih mimpi jadi bintang, SMABA gelar Open IX

28 total views, 1 views today

TANJUNG ENIM   I  KSOL – Sesuai dengan visi dan misi SMA Bukit Asam, dan program kerja SMA Bukit Asam tahun pelajaran 2018-2019, serta program kerja OSIS SMA Bukit Asam “Mahasura Aryaguna” tahun pelajaran 2018-2019, salah satunya dengan menggelar agenda rutin setiap tahunnya yakni “SMABA Open IX” selama tiga hari, dari tanggal 22-24 Januari 2019, bertempat di halaman sekolah SMA Bukit Asam Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Selasa (22/1/2019).

Ketua panitia kegiatan, Rama Trias Novtrilisar, dalam laporannya menerangkan, SMABA Open ke IX kali ini mengangkat tema “Fill Your Dream with THE STAR (sTart wHere you arE,Show your Talent, Exceed EveRything) and Break your Limits. Adapun makna dari SMABA Open IX adalah yang pertama “Fill Your Dream with THE STAR”, yang artinya peserta diharapkan dapat meraih salah satu mimpinya di ajang SMABA OPEN IX.

Kedua “Break Your Limits” memiliki makna bahwa setiap prestasi dapat dicapai tanpa batas selama mereka percaya bahwa mereka bisa, sehingga dengan tema tersebut, SMABA Open IX berperan sebagai wadah bagi peserta untuk mencapai mimpi-mimpi mereka dengan percaya bahwa setiap manusia bisa mencapai apa yang dinginkan selama mereka bisa mengasah kemampuan yang dimilikinya dengan latihan dan kerja keras.

“Jadi tujuannya untuk memperkenalkan SMA Bukit Asam kelingkup yang lebih luas, sesuai dengan visi SMA Bukit Asam menuju wawasan global, dan menjalin hubungan silahturahmi antar sekolah se Sumatera Selatan. Pesertanya sendiri berasal dari pelajar SMA kota Palembang, Ogan Ilir, PALI, Prabumulih, Muara Enim dan Lahat, dengan sumber dana dari Komite SMA Bukit Asam dan juga dari CSR Bukit Asam serta PT Bukit Asam Kreatif (BAK),”terangnya.

Kepala sekolah SMA Bukit Asam, Evi Ko namalasari S. Sos, mengapresiasi apa yang telah di lakukan oleh anak-anak muridnya dalam mengeluarkan kreativitasnya dalam setiap event SMABA Open yang di gelar setiap tahunnya.

“Dengan mengangkat tema yang luar biasa yaitu, Fill Your Dream with THE STAR, ada makna yang terkandung dari anak-anak kami bahwa segala mimpi bisa kita wujudkan. Kita bisa menjadi bintang diantara bintang. Tentunya bintang yang bisa membawa penerangan, kecerian dimanapun kita berada,”ujarnya.

Pada kesempatan ini Kepala Sekolah SMA Bukit Asam juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kelancaran berlangsungnya kegiatan SMABA Open ke IX ini.

“Terutama dewan Komite SMA Bukit Asam yang selalu memberikan suport, mendampingi, yang slalu kami kisruhi ya pak Syahrial, mudah-mudahan ini semua akan menjadi sebuah prestasi bersama tentunya. Juga kepada Yayasan yang tiada henti-hentinya mensuport kami, dari PTBA, PT BAF dan dari dinas yang tiada henti-hentinya memberikan saran, masukan bu Yanina. Sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik. Terakhir mohon maaf bila kami menyambut bapak ibu sekalian ada hal-hal yang kurang berkenan, karena inilah ketebatasan kami,”pungkasnya.

Ketua Komite SMA Bukit Asam, Syahrial Hanafia, juga mengatakan pihaknya dari Komite Sekolah selalu mensuport apapun kegiatan yang positif yang bisa menjadikan sekolah ini lebih baik, lebih bagus, dan lebih terkenal pasti akan selalu di dukung dari Komite sekolah.

“Bukan hanya bantuan materi, tapi juga nasehat,koordinasi dan bantuan-bantuan yang bisa kami lakukan. Kegiatan ini secara tidak langsung mengajarkan anak-anak bagaimana cara berorganisasi dan menghidupkan organisasi,”sebut Syahrial.

Sementara itu, Wakil Ketua Bukit Asam Foundation (BAF), FX Sigit Heri Basuki mewakili yayasan juga mengapresiasi kegiatan SMABA Open IX ini.

“Fill Your Dream with The Star. Ini menarik, ini luar biasa tema yang diangkat. Memang benar segala sesuatu itu harus di awali dari mimpi. Kita harus mempunyai keinginan setinggi mungkin seperti the star. Star itu tinggi kan, tapi gak terjangkau oleh kita, nah kita harus gantungkan mimpi kita setinggi itu. Kalau mimpi kita sudah tercapai, buat mimpi baru. Ini kondisi kota kita, kita sekarang tinggal di Tanjung Enim,kita sekolah di Bukit Asam, kita start dari sekarang bagaimana membentuk diri kita untuk bisa menuju Break your Limits,”ucapnya.

“Show your Talent, tunjukan bakat kita itu apa? Setiap orang itu unik, setiap orang itu punya kelebihannya, talent itulah diri kita. Apapun yang kita punyai, bisa kita kembangkan. Karena apa? Begitu kita lahir itu kita sudah menjadi pemenang. Kan sudah SMA kan, sudah ada pelajaran biologi. biologi itu kan sudah ada jutaan sperma, nembak satu telur itu jutaan. Dari jutaan itu hanya satu telur yang jadi, yaitu kita. Kita itu sudah menjadi pemenang adik-adik, jadi Show your Talent, Exceed EveRything, semuanya bisa kita raih tanpa batas, and Break your Limits,”tambahnya.

Sebelum membuka kegiatan SMABA Open IX, Sigit pun berharap kepada panitia dalam hal ini SMA Bukit Asam untuk menjadi tuan rumah yang baik, ramah dan profesional.

“Tunjukan bahwa SMA Bukit Asam punya kelas, dan jangan kecewakan para tamu-tamu kita, kita jamu dengan baik. Kemudian yang kedua, ini adalah ajang kita untuk berprestasi,maksimalkan potensi kita. Show your Talent, tunjukan bakat kita, apapun yang kita punya,”tutupnya.

Hadir di acara tersebut, Kadisdikbud Provinsi Sumatera Selatan, yang di wakili Pengawas Pembina SMA, Kadisdikbud Kabupaten Muara Enim, Ihsan mewakil Kepala LPMP Provinsi Sumsel, Ketua Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (YAKASABA), H Hanipar, Wakil ketua Bukit Asam Foundation, FX Sigit Heri Basuki, Ketua Komite SMA Bukit Asam, Syahrial Hanafia, Unsur Trifika Kecamatan Lawang Kidul, Kapolsek Lawang Kidul AKP Imanuhadi SIK, Ketua Pengawas Pendidikan, Ketua Pengembang, dan Ketua Kedisplinan YAKASABA, Direktur Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA), Dra Hj Nurbaiti MM,  Direktur Bukit Asam Kreatif (BAK), Kepala SMA Bukit Asam, Evi Komalasari S. Sos, Kepala SMK Bukit Asam, Yayuk Seri Wahyuni SE, Kepala PAUD Antrasita Bukit Asam, Sopiyah Spd, Periska (Persatuan Istri Karyawan) Bukit Asam, serta Dewan guru beserta staff Tata usaha, Siswa Siswi SMA Bukit Asam dan undangan lainnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN   l   EDITOR : P HAYATI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com