Jembatan Musi IV selesai, Palembang punya 3 Jembatan

 134 total views,  1 views today

Jembatan tersebut diberi nama jembatan Musi IV.

KSOL  I   PALEMBANG — Kota Palembang kini memiliki tiga jembatan yang membentang di atas sungai Musi menghubungkan kawasan Palembang seberang ilir dan Palembang seberang ulu. Jembatan tersebut diberi nama jembatan Musi IV.

Jembatan yang membentang di sungai Musi tersebut, Selasa (8/1) diresmikan penggunaannya oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo. Peresmian bertajuk soft opening ditandai pengguntingan pita oleh Harnojoyo yang didampingi Ketua DPRD Palembang Darmawan.

“Alhamdulillah kita bersyukur pembangunan jembatan Musi IV tahun 2015 sampai akhir 2018 jembatan ini selesai. Selanjutnya kita akan usulkan untuk jembatan Musi III dan jembatan Musi V yang akan dibangun kawasan Pulau Kemaro dan Kecamatan Gandus,” kata Harnojoyo.

Jembatan tersebut melengkapi dua jembatan yang sudah lebih dulu ada yaitu jembatan Ampera yang menjadi landmark Kota Palembang dan jembatan Musi II bersama satu duplikatnya. Usai meresmikan jembatan Musi IV Wali Kota Harnojoyo mengajak masyarakat untuk menjaga jembatan yang menghubungkan kawasan Palembang di Kecamatan Ilir Timur II dan Kecamatan Seberang Ulu II.

“Jembatan Musi IV dapat menjadi solusi kemacetan yang selama ini kerap terjadi di jembatan Ampera. Jembatan ini sudah lama kita idam-idamkan, sekarang sudah bisa kita lalui. Kepada masyarakat harap bersama-sama menjaganya, jangan dirusak, jangan dicoret-coret. Jembatan ini milik kita semua,” katanya.

Sementara itu menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Palembang Agus Supriyanto, berdasarkan uji coba selama dua hari, hasilnya mampu mengurai kemacetan di jembatan Ampera antara 30 hingga 40 persen.

Wali Kota Harnojoyo juga menjelaskan perjuangan pembangunan jembatan Musi IV yang butuh waktu sangat lama. “Saat saya masih menjadi anggota DPRD Palembang ikut berjuang bersama Wali Kota Palembang saat itu Eddy Santana Putra, namun rencana tersebut terkendala pembebasan lahan yang tak kunjung terselesaikan,” ujarnya.

Setelah menjadi wali kota Palembang, barulah rencana tersebut menjadi komitmen yang harus diwujudkan. “Jembatan Musi IV harus dibangun, apapun kendalanya harus kita hadapi. Pemerintah Kota Palembang menganggarkan Rp 9,9 miliar untuk pembebesan lahan,” ujarnya.

Untuk pembangunannya, menurut Harnojoyo jembatan Musi IV membutuhkan dana untuk pembebasan lahan sampai Rp 48 miliar. Untuk merealisasikan pembangunan jembatan tersebut mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat yang dananya berasal dari APBN.

Sementara itu menurut Kepala Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) V Saiful walaupun pembangunan jembatan Musi IV telah selesai, namun masih ada beberapa masalah tersisa. Di antaranya sempitnya akses jalan di wilayah seberang Ulu tepatnya saat keluar ke jalan KH Azhari. “Tahun 2019 akses jalan tersebut akan di perpanjangan sampai tembus ke jalan Ahmad Yani sepanjang 350 meter,” ujarnya.

TEKS : ROL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster