BMKG: Pasang Laut Maksimum akan Terjadi Malam Ini Hingga 22 Januari 2019

 27 total views,  1 views today

KSOL — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca ekstrem. Menurut BMKG, pada 19 hingga 22 Januari sangat berpeluang terjadi gelombang pasang laut maksimum.Selain itu, banjir rob juga mengancam sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut BMKG, gelombang pasang laut maksimum itu disebabkan adanya nyebut fenomena supermoon terjadi saat bulan berada pada jarak yang paling dekat dengan bumi.

“Supermoon akan terjadi19-22 Januari ini akan disertai fenomena bulan purnama. Hal ini yang memengaruhi kondisi pasang maksimum,” seperti ditulis BMKG dalam laman Twitternya, @InfoHumasBMKG pada Jumat, 18 Januari 2019.

BMKG menyatakan sejumlah wilayah yang akan terdampak pasang air maksimum.

Selain pesisir Jakarta Utara, juga pesisir utara Jawa Tengah, Jawa Timur dan pesisir Cilacap. Air pasang maksimum juga diprediksi akan terjadi di kawasan pesisir Tanjung Benoa Bali, Kalimantan Barat dan Makassar.

Menurut BMKG, fenomena air pasang di kawasan-kawasan itu dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta bongkar muat di pelabuhan. BMKG meminta masyarakat untuk waspada dan siaga mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut serta memperhatikan perkembangan informasi melalui BMKG.

TEKS/FOTO : TERASLAMPUNG.COM





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com