8 Cara Tingkatkan Tinggi Badan Anak

 162 total views,  1 views today

Tubuh anak mengeluarkan hormon pertumbuhan maksimal pada usia 3-11 tahun.

KSOL  I  JAKARTA — Anak-anak akhir-akhir ini lebih suka makanan cepat saji dibandingkan dengan makanan buatan rumah yang sehat. Makan makanan yang tepat penting bagi anak karena nutrisi yang tepat dapat membantu pertumbuhan anak secara keseluruhan.

Inilah alasan mengapa para ibu khawatir dengan apa yang dimakan anak dan para ibu berusaha membuat anak makan lebih banyak sayuran hijau. Rutinitas dan diet makanan sehat mendukung pertumbuhan alami dan indeks massa tubuh yang baik.

Disiarkan di Boldsky pada Jumat (18/1), tubuh anak mengeluarkan Human Growth Hormone (HGH) pada kapasitas maksimumnya antara usia tiga dan 11 tahun. Ini adalah waktu yang ideal untuk mempraktikkan latihan yang dapat meningkatkan pertumbuhan anak. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan pada anak untuk meningkatkan tinggi badannya.

Menjaga pola makan bergizi

Ini adalah faktor yang sangat penting. Anak dianjurkan mengonsumsi jenis makanan yang tepat dengan nutrisi lengkap. Diet seimbang terdiri dari susu, telur, sayuran berdaun, oatmeal, dan lainnya yang mengandung vitamin, karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang memadai. Minuman manis, cokelat, burger, dan pizza lebih berbahaya bagi anak-anak dari yang dibayangkan.

Pola makan yang baik kaya akan mineral dan antioksidan yang meningkatkan imunitas anak. Ini memberikan sekresi HGH dalam proporsi yang tepat yang memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan.

Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat

Protein dianggap sebagai bahan pembangun tubuh dan juga memastikan tubuh tumbuh dan pulih dengan tepat. Vitamin B3 juga merupakan unsur penting yang memungkinkan pertumbuhan. Makanan seperti ayam, telur, kacang kedelai, lentil, kacang merah kaya akan protein. Sementara ikan tuna, jamur, kacang hijau, alpukat, kacang tanah, dan lain-lain adalah sumber vitamin B3 yang sangat baik.

Peregangan

Peregangan terdengar mudah dan memiliki dampak besar bagi pertumbuhan anak. Penting untuk membiasakan peregangan pada anak. Ini akan membantu pemanjangan tulang belakang dan perbaikan postur tubuh. Latihan bisa dilakukan dengan mudah seperti berdiri tegak dengan jari di dinding atau tanpa penyangga, menyentuh jari kaki sambil berdiri dan menjaga punggung lurus.

Latihan menggantung

Menggantung adalah aktivitas hebat yang membantu dalam memanjangkan tulang belakang dan jika dilakukan dalam durasi lama dan secara teratur dapat membantu meninggikan badan. Selain itu, jika kegiatan seperti pull up, push up dan chin up bagus untuk diperkenalkan dalam rutinitas anak karena otot punggung dan lengan anak akan menjadi lebih kuat, pertumbuhan meningkat, bugar, dan sehat.

Latihan dasar yoga

Yoga telah dipraktikkan sejak zaman kuno untuk meregangkan tubuh dan menemukan keseimbangan dalam kehidupan. Ada banyak pose yoga yang bermanfaat untuk memperkuat anak dan membuatnya lebih tinggi.

Salam matahari atau surya namaskar adalah salah satu latihan yang membuat seluruh tubuh dalam fluiditas, melatih semua otot punggung, tulang belakang, lengan, dan kaki. Asana seperti chakrasana memungkinkan anak berbaring telentang dan kemudian mengangkat punggung mereka membentuk bentuk melengkung dengan struktur seperti U.

Lengan dan kaki digunakan untuk mengangkat seluruh tubuh. Latihan ini memberikan tulang belakang dan otot inti yang kuat dan membantu pertumbuhan yang cepat.

Melompat secara teratur

Melompat adalah kegiatan kardio yang luar biasa untuk menjaga anak tetap sehat dan bugar. Ini merefleksikan seluruh tubuh dan membantu menjaga kesehatan jantung. Latihan ini membantu meregangkan seluruh tubuh sehingga meningkatkan pertumbuhan vertikal anak.

Joging ringan dan lari

Berlari adalah kegiatan yang menyenangkan yang tidak hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa. Ini membangun otot-otot tulang dan meningkatkan stamina pada anak.

Ini juga melepaskan hormon pertumbuhan HGH dalam jumlah yang baik sehingga anak bisa menjadi lebih tinggi. Anak akan menyukai rutinitas ini jika orang tua menemani mereka dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Tidur yang tepat

Tidur memainkan peran penting dalam pertumbuhan anak. Penting bagi anak untuk tidur setidaknya selama delapan jam dalam sehari sehingga ia dapat tumbuh secara normal dan pulih dari kelelahan.

HGH, hormon pertumbuhan, biasanya dikeluarkan selama jam tidur anak. Oleh karena itu, sangat penting agar anak tidak melewatkan jam tidur. Orang tua harus menghindari gaya hidup yang tidak teratur dan menanamkan pola makan yang sehat dan rutin untuk anak dan diri orang tua sendiri.

TEKS / FOTO : ROL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster