Sesi September 2018 – Hakim Banyak melanggar kode etik. Bagaimana?

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada : Penghubung Komisi Yudisial Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan melalui email: penghubungky@gmail.com atau pkysumsel@komisiyudisial.go.id. Respon akan dimuat setiap 3 pekan

Pertanyaan Masyarakat:

1. KY kami mau menginformasikan jika banyak memiliki bukti hakim melanggar kode etik disuatu tempat hiburan yang sangat melanggar etika dengan bermain judi dan perempuan, tapi apakah ada jaminan keselamatan untuk kami melaporkan hakim yang seperti itu.

Pengirim : Pembela di Palembang. sibedul@yahoo.com.

Respon:
Jika informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan terkategori dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), tentu KY berharap saudara berkenan dan tidak perlu takut untuk menyampaikan/melaporkan hal tersebut. KY menjamin kerahasiaan identitas informan/pelapor dan Komisi Yudisial juga bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), sehingga apapun yang disampaikan ke KY akan dilindungi. Laporan pelanggaran kode etik hakim dapat disampaikan melalui email: penghubungky@gmail.com, atau datang langsung ke kantor milik kita bersama di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya) telpon 0711-5734945, maupun via telepon untuk ditindak lanjuti.

Pertanyaan Masyarakat:

2. KY kami masyarakat Musi Rawas mendukung penuh kerja-kerja KY di daerah. Kami siap menjadi mitra di daerah dan ditunggu kegiatan-kegiatan yang akan digelar di Musi Rawas. Terima kasih.

Pengirim : Sopyanhadi di Musi Rawas. Sopyan55@gmail.com

Respon:
Terima kasih atas kepedulian dan partisipasinya. Selaku lembaga negara yang diberikan wewenang untuk mengawasi dan menjaga hakim agar berpegang teguh pada Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) baik di dalam maupun di luar dinas, tentu berat bila hanya dilakukan oleh KYRI semata. Oleh karena itu KY perlu mengajak peran serta masyarakat untuk turut menjaga dan mengawasi para hakim. KY terus konsisten akan membangun agen pengawal peradilan (jejaring) hingga ke daerah-daerah termasuk di Musi Rawas. Silahkan mampir ke kantor milik kita bersama di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya) telpon 0711-5734945, maupun via telepon untuk kita lakukan sharing/diskusi terkait sinergi.

Pertanyaan Masyarakat:

3. Tolong informasi pengajuan pemantauan sidang di pengadilan karena kami rencananya akan mengajukan.

Pengirim : Sandra di Palembang. Gupitasandra@gmail.com

Respon:
Permintaan pemantauan sidang oleh masyarakat ke KYRI sangat mudah, silahkan menyiapkan syarat administratif (identitas pelapor beserta alamat surat, alamat email, nomor hp/faximile, lalu nomor perkara, jadwal dan agenda persidangan, identitas majelis hakim dan panitera pengganti, identitas para pihak yang berperkara, kronologis singkat perkara) dan syarat substanstif (uraian mengenai alasan diperlukannya pemantauan). Kami harapkan untuk segera datang ke kantor PKY Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

Pertanyaan Masyarakat:

4. Bagaimana jika melaporkan pelanggaran kode etik hakim di pengadilan diwakilkan kepada pengacara yang nanti ke kantor KY Sumsel?. Terima kasih.

Pengirim : Robianto di Prabumulih. robianto@yahoo.com

Respon:
KYRI memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan meskipun bertindak untuk dan atas nama seseorang. Namun tentu saja harus disertai dengan surat kuasa khusus atas hal tersebut yang formatnya sudah KY siapkan. Selain itu, sangat diharapkan untuk dibuat pokok laporan yang memuat dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim (disertai bukti pendukung: rekaman video/audieo, foto, dsb), maupun syarat formil lainnya seperti identitas pelapor/kuasa (nama dan alamat surat pelapor/kuasa, nama dan tempat tugas terlapor/hakim, foto copy KTP pelapor/kuasa yang masih berlaku). Untuk lebih jelasnya silahkan datang langsung ke kantor milik kita bersama di kami Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

Pertanyaan Masyarakat:

5. Rencananya kami dari mahsiswa salah satu PTS di Palembang mau berkunjung ke PKY Sumsel untuk audiensi untuk menjalin kerjasama. Apakah KY terbuka untuk itu?.

Pengirim : Nanda Juwita di Palembang. nanda@gmail.com

Respon:
PKY Sumsel sangat menyambut baik maksud saudara dan rombongan untuk berkunjung dan berdialog langsung dengan tim PKY Sumsel guna menjalin sinergi. Kami tunggu kehadirannya Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya). Salam peradilan bersih anti korupsi !.

Pertanyaan Masyarakat:

6. Saya perwakilan salah satu LSM di Banyuasin ingin melaporkan hakim pelanggar etika dan ada bukti kuat untuk melaporkannya. Mohon informasi melaporkan.

Pengirim : Ani Triana di Banyuasin. Trianaani@gmail.com

Respon:
Penyampaian laporan dugaan pelanggaran KEPPH kepada KYRI sangat mudah, silahkan langsung datang ke kantor Penghubung KYRI di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya) telpon 0711-5734945. Agar kehadiran saudara menjadi efektiv dan efisien kami harapkan untuk menyiapkan dan membawa Bukti formil (KTP/SIM/Paspor, KTA khusus advokat, surat kuasa khusus bagi yang menggunakan kuasa) dan bukti materiil (rekaman video, audio visual, rekaman persidangan/foto/kliping koran bila ada/keterangan saksi minimal 2 orang secara tertulis di atas kertas bermaterai, dakwaan, putusan).




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com