Wartawan, saatnya menulis jurnalisme investigasi

 270 total views,  2 views today

PALEMBANG  |   KSOL – Tempo institute mengelar workshop dan coaching clinic Investigasi Bersama Tempo (IBT), mengajak para wartawan di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk berani melakukan liputan investigasi, baik isu lokal atau nasional dengan tema untuk Indonesia lebih bersih, di Graha Tribun Sumsel, Rabu (02/05/18).

Dalam rangkaian kegiatan yang diadakan selama dua hari, Tempo Institute mengenalkan Program IBT sebagai program jangka panjang untuk melakukan liputan investigasi selama lima bulan.

Namun sebelumnya, Tempo Institute mencari 14 orang wartawan yang bersedia ikut dan mempunyai ide liputan investigasi lokal yang menarik dan penting bagi publik.

“Sumsel sangat potensial dalam isu-isu lokal yang bisa diangkat, alangkah sayangnya apabila tidak ada wartawan yang menggalinya lebih mendalam,” kata Manager IBT, Rahmidi.

Selain itu, menurutnya Tempo sendiri mengharapkan bahwa liputan investigasi dapat ditularkan kepada wartawan lokal dapat membongkar kasus yang menyangkut kepentingan publik di daerah seperti Sumsel, sehingga publik tidak hanya fokus pada pemberitaan di Jakarta saja.

 

Redaktur Tempo, Filipus Fero juga menjelaskan bahwa antara liputan investigasi dan indepth reporting yang selama ini dianggap sama, ternyata tidak. Liputan investigasi bertujuan untuk membongkar suatu kejanggalan bersifat ditutup-ditutupi yang menyangkut kepentingan publik.

“Sedangkan indepth reporting hanyalah laporan mendalam mengenai fakta yang tidak pernah diketahui publik, contohnya seperti seorang tokoh kemerdekaan yang hilang dari pelajaran sejarah,” ujarnya.

Filipus berharap akan adanya impact setelah kegiatan ini, pada hari kedua, Kamis (06/05/18) besok peserta akan membawa tema liputan investigasi apa yang akan diliput, dan diikutsertakan menjadi 14 fellowship terpilih selama lima bulan di Jakarta.

TEKS : MAYA CITRA ROSA  I EDITOR  : TIM KSOL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster