Kadiknas Sumsel Respon Positif Program Ruangguru               

16 total views, 3 views today

Drs. Widodo M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan

PALEMBANG I   KSOL –   Ruanguru, penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia kini telah melayani lebih dari 7.5 juta pengguna.

Ha ini dilakukan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam memaksimalkan proses belajar mengajar. Program ini menjadi salah satu upaya nyata dalam mengurangi terjadinya kesenjangan mutu pendidikan antara jawa dan luar jawa.

“Ruangguru menjembatani kesenjangan mutu pendidikan antara Jawa, luar Jawa serta perkotaan dan desa. Membuat lompatan dalam mengubah perilaku belajar mengajar sekolah dari konvensional ke bentuk digital dalam mengakses pendidikan,” ungkap Drs. Widodo M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, pada pembukaan “Learning Innovation Summit 2018” yang diselenggarakan Ruangguru dan Pertamina, Jakarta (16/3/2018). 

Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, mengungkapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan pemerataan pendidikan Indonesia. Hal tersebut dapat akan dicapai bila memanfaatan teknologi informasi seperti online learning.

Pernyataan Mohamad Nasir sejalan dengan program Ruangguru, penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia yang kini telah melayani lebih dari 7.5 juta pengguna.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah Kepala Daerah yang hadir sepakat untuk melakukan kerjasama guna mendorong pemerataan pendidikan berkualitas melalui mobile based learning yang tersedia di aplikasi Ruangguru.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini dilakukan antara Ruangguru dengan 7 daerah, yaitu Kota Bitung, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Aceh, Kota Denpasar, Kota Pekanbaru, Kota Jambi dan Kabupaten Banyumas.

Adapun poin-poin kerjasama yang tercantum antara lain penyediaan konten pendidikan, penerapan kelas virtual dan platform ujian online, hingga pelatihan kepala sekolah dan guru.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen perwakilan pemerintah daerah yang telah hadir di acara Learning Innovation Summit dalam meningkatkan akses pendidikan berkualitas di daerahnya. Harapannya, dengan munculnya mitra-mitra baru, Ruangguru bisa tumbuh semakin besar dan melayani lebih banyak anak-anak di Indonesia,” papar Belva Devara, CEO Ruangguru.

Perwakilan daerah yang hadir dalam penandatanganan MoU, yaitu Maximilliaan Jonas Lomban, S.E., Walikota Bitung, Drs. Widodo M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Chaidir, SE, MM, Kepala Sub Bagian Program Informasi dan Humas Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Drs. I Wayan Gunawan, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, H. Abdul Jamal, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Dr. Arianto, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi, Drs. Purwadi Santoso, M. Hum, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Perwakilan-perwakilan dari daerah ini menyambut positif kerjasama dengan Ruangguru. Kedua belah pihak sama-sama berkomitmen melakukan terobosan pendidikan dengan bantuan teknologi.

Acara “Learning Innovation Summit 2018” merupakan acara konferensi pendidikan berskala internasional yang diselenggarakan oleh Ruangguru dan PT. Pertamina (Persero).

Lebih dari 1000 peserta yang terdiri dari berbagai pihak, termasuk sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Kepala Daerah, 400 Dewan Direktur Korporasi Swasta terbesar di Indonesia, 350 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota/Kabupaten seluruh Indonesia, 250 perwakilan organisasi non-pemerintah dan kemasyarakatan, social media influencers serta perwakilan dari negara sahabat hadir dalam perhelatan ini.

Konferensi ini diselenggarakan sebagai bentuk ajakan kepada seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia melalui inovasi – inovasi di dunia pendidikan.

TEKS : A. MAULANA   I  EDITOR  : T PAMUNGKAS





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com