Berani nyetrum ikan di Muaratara, harus siap masuk penjara

92 total views, 3 views today

 

MURATARA  |  KSOL  – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) nampaknya tidak main-main untuk melawan para perusak biota sungai, terutama aksi penyetruman ikan.

“Kami tidak main-main dengan program ini, akan kita kejar terus, akan kita penjarakan, ada penjaranya itu bagi yang nyetrum ikan,” tegas Wakil Bupati Muratara, H Devi Suhartoni.

Menurutnya, kebijakan tentang pelarangan penyetruman biota sungai berdampak langsung pada meningkatnya sumber ekonomi bagi masyarakat.

“Kalau orang tanya apa dampak langsung dari pelarangan penyetruman, tentu meningkatnya sumber ekonomi bagi masyarakat, sekarang ikan sudah mulai banyak,” katanya.

Lanjut Devi, ketika ikan di sungai mulai banyak, maka harga ikan di pasar akan murah, dan masyarakat terjangkau untuk membeli ikan.

“Nah, kalau disetrum terus, ikan jadi langkah, makanya ikan mahal, masyarakat tidak mampu beli kalau mahal,” katanya.

Orang nomor dua di Kabupaten Muratara itu menyatakan, untuk mengentaskan aksi penyetruman ikan di sungai, pihaknya menggandeng penegak hukum.

“Sekarang kami sudah gabungan dari TNI, Polisi, Satpol-PP, Camat hingga Kepala Desa, dibantu juga dari Lembaga Persatuan Peduli Ailran Sunggai (LPPAS),” bebernya.

Devi menambahkan, pelarangan penyentruman terhadap biota sungai sudah diatur dalam Undang-Undang tentang Pencemaran Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Perlindungan Biota Sungai.

“Kemudian ini juga sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Muratara H M Syarif Hidayat, pada tanggal 19 April 2016,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Devi meminta kepada masyarakat yang saat ini masih menjalankan kegiatan penyetruman ikan di sungai agar segera berhenti.

“Sekarang kami minta para penyentrum itu berhentilah, karena banyak sekali dampak positifnya ketika tidak ada lagi penyetruman,” pintanya.

TEKS / FOTO :  RH AIZULLAH  |   EDITOR  :  T PAMUNGKAS





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com