Paralegal harus melakukan pedampingan hukum bagi kaum miskin

 246 total views,  4 views today


PALEMBANG  I  KSOL  – Advokat Jati Kusuma, SH, CLA CMSE CPL menyambut baik atas terbitnya SK Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nomor. 1  Tahun 2018 tentang Paralegal.

Sebab menurut  Ketua DPP Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (APPI), melalui SK tersebut makin menguatkan tugas paralegal dan lembaga bantuan hukum dalam memberi bantuan hukum kepada kaum miskin, sesuai UU No.16 tahun 2011.

Dalam konsideran UU  Nomor 16 tahun 2011 disebutkan, bahwa negara menjamin hak konstitusional setiap orang untuk mendapatkan pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum sebagai sarana perlindungan hak asasi manusia;

Pada point berikutnya  tertulis, bahwa negara bertanggung jawab terhadap pemberian bantuan hukum bagi orang miskin sebagai perwujudan akses terhadap keadilan.

Penegasan lain pada konsideran juga dijelaskan, bahwa pengaturan mengenai bantuan hukum yang diselenggarakan negara harus berorientasi pada terwujudnya perubahan sosial yang berkeadilan.

Terkait hal itu, Jati mengakui pemberian bantuan hukum saat ini belum menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini karena adanya keterbatasan pelaksana bantuan hukum sehingga.

Berdasar itu, menurut Jati diperlukan peran Paralegal untuk meningkatkan jangkauan pemberian bantuan hukum.

Tentunya kebijakan ini, menurut Ketua DPW Perhimpunan Advokat Republik Indonesia (PERADRI) Sumsel ini sudah lama ditunggu Paralegal, sebagai sarana untuk meningkatkan gerakan memasyarakatkan hukum.

“Melalui SK ini diharapkan memudahkan masyarakat di desa untuk bertanya, mengadu, meminta pendampingan tentang masalah hukum, yang nyaris selama ini kurang terakomodir dengan maksimal,” tegasnya.

Hal ini ditegaskan Jati berkaitan dengan keberdaan Paralegal yang mayoritas tinggal di kota. Kondisi ini, acapkai mengakibatkan sejumlah kasus di desa, yang nyaris menimpa orang miskin tidak terdampingi secara hukum.

TEKS :  PALEMBANGPRO.COM





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster