7 Faktor Penuaan yang Paling Umum

 536 total views,  2 views today


SEBAGAI  bagian dari siklus hidup – manusia lahir saat bayi memasuki masa kanak-kanak yang diikuti oleh remaja dewasa dan datang tahap akhir kehidupan yang sudah tua. Penuaan atau yang biasa kita katakan semakin tua adalah proses alami. Namun karena gaya hidup dan faktor lainnya saat ini, lebih dari separuh dari kita terlihat lebih tua dari apa sebenarnya kita sebenarnya. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi usia kita yang mungkin tidak Anda sadari:

Penuaan dan Sikap Prematur

Hal ini dianggap bahwa pikiran kita memainkan peran penting dalam cara kerja tubuh. Artinya, jika pikiran kita percaya bahwa tubuh kita menua lebih cepat atau lebih lambat, maka tubuh manusia bekerja dengan cara yang sama. Dengan demikian, pikiran bisa digunakan untuk membantu mempercepat atau memperlambat proses penuaan. Hal ini dianggap sebagai orang yang bahagia terlihat lebih muda. Tepatnya, orang-orang marah dengan harapan, optimisme, dan kegembiraan karena prioritas terlihat lebih muda karena otot wajah menghabiskan sebagian besar waktunya dalam keadaan santai.

Penuaan, Merokok, dan Minum

Kulit membutuhkan sejumlah hidrasi, kolagen, dan oksigen agar terlihat awet muda dan sehat. Namun, merokok dan minum berlebihan dikatakan memiliki efek buruk pada bagian tubuh. Perokok dari waktu ke waktu mengembangkan garis-garis halus di sekitar mulut, kerutan dahi yang dalam dan lebih cenderung untuk mengembangkan gigi yang buruk. Seluruh tubuh kekurangan oksigen.Minum berlebihan tidak hanya merusak hati dan ginjal tapi membuat kulit berubah warna seiring waktu dan kurang berotot, juga bisa menyebabkan pembuluh darah pecah atau pembuluh darah laba-laba kecil.

Umur, Matahari, Dingin, dan Moisture

Kerusakan matahari adalah penyebab nomor satu keriput dan kulit yang telah rusak secara permanen. Bintik-bintik usia dan bentuk-bentuk perubahan warna lainnya dapat diperburuk secara parah oleh sinar UV yang berbahaya di matahari. Dikatakan bahwa berada di bawah sinar matahari membantu tubuh manusia menyerap Vitamin D.

Namun jika tanda dua puluh menit dilewati di bawah sinar matahari, manfaat dari menyerap Vitamin D yang diperlukan dapat ditangkal oleh kerusakan sinar UV pada kulit. Demikian pula, jika hidup dihabiskan di lingkungan yang dingin maka bisa memiliki efek yang sama pada kulit. Alih-alih menciptakan kulit yang lebih keras, kulit tampak terlalu tipis dan keriput berkembang. Melembabkan setiap hari lebih dari sekali bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan dingin.

Penuaan dan diet

Ada makanan yang akan membantu Anda mempertahankan tubuh yang lebih muda dan makanan yang akan membantu usia lebih cepat. Nah, itu bukan makanan tapi diet yang bisa membantu baik terlihat muda atau lanjut usia. Misalnya, memilih diet yang tinggi lemak, gula, makanan olahan, dan rendahnya buah dan sayuran segar biasanya menciptakan lingkungan internal yang tidak lain adalah ramah bagi kaum muda.

Ini menyebabkan radang di tubuh yang berkontribusi terhadap proses penuaan. Selain itu, tubuh tidak dapat mengolah makanan yang tidak sesuai dengan bentuk alami mereka, yang menyebabkan kurang gizi dalam tubuh. Sebagai gantinya, makanan bergula dengan makanan bergula dan berlemak harus diganti dengan produk yang tinggi alami meski Anda tidak kelebihan berat badan. Diet yang lebih baik dan lebih sehat dapat membuat seluruh tubuh terlihat lebih kencang dan lebih muda. 


Penuaan dan berat

Menjadi kurus atau kelebihan berat badan menambah proses penuaan. Underweight mengurangi lemak alami dalam struktur wajah yang menyebabkan kulit melorot dan menyebabkan munculnya keriput. Selain itu, karena usia orang yang kelebihan berat badan, mereka cenderung kurang aktif dan membuat diri mereka rentan terhadap masalah kesehatan kronis. Latihan yang ditargetkan dapat membuat seluruh tubuh Anda tetap dalam bentuk sambil menambahkan otot ke tubuh dan mengurangi flab.

Penuaan dan Pilihan

Hidup kita sehari penuh dengan pilihan. Pilihan yang bisa membantu kita menua dengan rahmat atau mempercepat bom waktu penuaan. Olahraga teratur dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima. Membuat pilihan yang bekerja dengan tubuh agak melawannya dapat membantu memperlambat proses penuaan. Belajar mendengarkan tubuh bisa mengubah segalanya.

Penuaan dan stres

Stres merupakan kontributor utama penuaan. Orang yang dipenuhi stres sehari-hari tidak merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Mereka bergerak lebih lambat dan mereka menantang tubuh mereka lebih sedikit. Mereka cenderung memiliki penyakit yang bisa membantu proses penuaan. Kita harus menemukan cara untuk meminimalkan stres. Beberapa cara melawan stres bisa dilakukan meditasi atau pijat mingguan. Setiap orang harus menua karena ini adalah bagian dari siklus hidup. Kita dapat mengambil tindakan afirmatif untuk menjaga agar proses penuaan tidak mengambil alih hidup kita.

Dengan sedikit stres, diet dan olahraga yang lebih baik, dan pandangan yang lebih bahagia, kita dapat mempertahankan kegembiraan muda kita dan menjaga semangat kita jauh lebih muda. Kegembiraan muda di dalam akan terlihat di luar.

TEKS : TIM KSOL I  DIOLAH DARI BROADEN

Catatan :

Informasi pada artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan profesional layanan kesehatan yang berkualitas dan tidak boleh dianggap sebagai saran profesional. Silakan mencari bantuan medis yang tepat bila diperlukan.

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster