Tanjung Enim bersolek, Siap jadi Kota Wisata

TANJUNG ENIM  I  KSOL   – Mewujudkan Tanjung Enim Kota Wisata ‎tentu bukan hal mudah untuk dilakukan. Semua butuh proses panjang. Satu diantara yang terpenting kesadaran masyarakat menjaga lingkungan yang bersih menjadi utama. Tujuannya, agar terbebas dari sampah. Dampaknya, kebiasaan bersih ini sekaligus menjaga perilaku buruk atau kebiasaan sembarangan.‎

Dengan begitu, cita-cita mewujudkan Tanjung Enim menjadi Kota Wisata akan bukan isapan jempol belaka. Seperti yang telah dilakukan oleh para relawan Tanjung Enim bersih akhir-akhir ini.


Berdasar tekad kuat, dan kemauan para orang muda yang menamakan Relawan Tanjung Enim Bersih, beberapa hari ini melakukan kebersihan. Baik di jalanan maupun di bantaran Sungai Enim yang membelah kota Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim. “Tujuanya untuk ikut andil dalam menyosong Tanjung Enim menjadi kota Wisata,” ujar Rima “Abie” Septriana, salah satu personil.

Rima “Abie” yang juga penggagas dan penggerak kegiatan Tanjung Enim Bersih, kepada wartawan media ini menjelaskan, kegiatan yang sudah dilakukan merupakan program bulanan.

Pada kegiatan ini  melibatkan perusahaan setempat, instansi dan sekolah-sekolah, serta komunitas di Tanjung Enim, yang dirangkai memeriahkan HUT PTBA yang ke 37.

“Kita lauching pada 26-28 Januari di Monumen Tanjung Enim. Pada Bulan Februari dan seterusnya setiap bulan, kita ingin menggugah dan mengajak pemuda pemudi Tanjung Enim untuk sadar lingkungan,” ujarnya, Kamis (1/3/2018)

Menurut Rima, dengan mengikuti program sadar lingkungan, masyarakat dapat mengembangkan potensinya untut turut serta dalam pelestarian lingkungan hidup.

‎Labih lanjut Rima menjelaskan, rute atau titik lokasi tempat bersih-bersih meliputi jalan-jalan protokol yang ada di sekitar Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Pasar Tanjung Enim, kemudian di sekitar Fasilitas Sosial (Fasos) Lapangan Ex Sentral Lama PTBA yang sedang berlangsung kegiatan Pameran dan Bazar, serta aliran sungai Enim di dekat lokasi Taman Love hingga jembatan PTBA.

“Alhamdulillah, kita juga mendapatkan dukungan dari Polsek,Koramil, pihak pemerintah kecamatan Lawang Kidul, UPTD Kebersihan dan Pertamanan Tanjung Enim, serta dukungan penuh dari management PTBA dan Panitia HUT PTBA Ke 37. Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih. Dan bulan depan direncanakan akan menyusuri sungai mulai dari hulu sungai Enim hingga ke hilir Tanjung Enim,” ucapnya.

hostingsatu.co.idDikatakan Rima, PTBA memberikan bantuan perahu karet sebanyak 5 unit untuk sarana penunjang bersih sampah di sungai, bantuan alat kebersihan ke UPTD kebersihan dan pertamanan Tanjung Enim, dan dukungan ke relawan Tanjung Enim Bersih.

Adapun bantuan yang diberikan UPTD Kebersihan dan Pertamanan Tanjung Enim berupa sengkop besi, sapu lidi, sengkop plastik, dan garpu untuk mengais tumpukan sampah.

“Harapan kita agar masyarakat sadar akan lingkungan yang bersih. Perlahan masyarakat bisa membudayakan membuang sampah pada tempatnya.‎ Karena semboyan kita, kalo bukan kita siapa lagi, kalo bukan sekarang, kapan lagi,” tutupnya.

‎TEKS/FOTO :  ALDO  I   EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com