Perempuan Lebih Mudah Cemas? Ini Sebabnya

 193 total views,  2 views today

LONDON  I  KSOL — Kecenderungan perempuan untuk lebih sering merasa cemas dibandingkan pria ternyata bukan hanya stereotip gender. Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) mencatat kondisi tersebut dalam sebuah survei terhadap warganya.

Ada kesenjangan cukup besar saat membicarakan tingkat kecemasan antara pria dan wanita beberapa tahun terakhir. Survei yang dilakukan secara nasional itu secara spesifik menganalisis perilaku orang-orang berusia 16 tahun ke atas.


Pada September 2017, rata-rata kecemasan pria adalah 2,75 sementara para perempuan sebesar 3,07. Selisih antara kedua gender bertambah drastis karena periode 2011-2012 rata-rata tingkat kecemasan pria dan perempuan, yaitu 2,94 dan 3,16.

Terdapat studi yang menjelaskan alasan mengapa perempuan lebih berisiko mengidap gangguan kecemasan akut dibandingkan pria. Faktor yang berpengaruh mencakup alasan psikologis dan biologis antara kedua gender.

Lelaki dan perempuan memiliki komposisi zat kimia berbeda dalam otak masing-masing, juga perbedaan fluktuasi hormon dan cara bereaksi terhadap stres. Kaum hawa pun cenderung lebih sering merenungkan masalah daripada pria.

Silvia Manclossi, ketua tim yang menganalisis tentang kualitas hidup di ONS menyatakan bahwa dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait survei itu. Misalnya, mencermati faktor lain seperti adanya kelompok sosial berbeda yang muncul dalam data.

“Kami akan menjajaki ini lebih jauh, melihat faktor-faktor yang mungkin berkontribusi pada beberapa kelompok masyarakat yang memiliki kesejahteraan pribadi lebih rendah,” kata Manclossi, dikutip dari Refinery29.

TEKS : TIM KSOL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster