Cerdaskan Remaja Masjid, KKN UIN RF Gelar Pelatihan MC

 920 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL – Puluhan anggota dan pengurus Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Al-Hidayah kelurahan Sukamaju Kecamatan Sako Palembang, mengikuti Pelatihan Master of Ceremony (MC), Minggu (10/12/2017).

Pada acara yang diselenggarakan atas kerjasama IRMA Al-Hidayah dan Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 28 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini menghadirkan pembicara, Imron Supriyadi, seorang jurnalis dan broadcaster di Palembang.

Imron Supriyadi sedang memberi materi pada pelatihan MC IRMA Al-Hidayah kelurahan Sukamaju Kecamatan Sako Palembang, mengikuti Pelatihan Master of Ceremony (MC), Minggu (10/12/2017).

Suasana pembukaan Pelatihan MC IRMA Al-Hidayah kelurahan Sukamaju Kecamatan Sako Palembang, Minggu (10/12/2017).

Suasana peserta pelatihan MC IRMA Al-Hidayah kelurahan Sukamaju Kecamatan Sako Palembang, Minggu (10/12/2017).

Pelatihan ini sejak awal hinggaakhir lebih banyak praktik dari pada teori. Imron yang juga dosen Faklutas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Raden Fatah ini member materi olah vocal, gesture dan manajemen audience.

Diawal, materi yang diberikan tentang olah vocal. Masing-masing peserta disuruh duduk bersila, mengatur napas di perut dan mengeluarkan dengan nada gumam. Beberapa saat kemudian dikeluarkan dengan vocal “a” sebagai awal latihan vocal.

Proses latihan dasar vokal ini, spontan membuat gelak tawa peserta. Diantara mereka merasa aneh, karena tidak pernah ikut pelatihan sebelumnya. Sebagian lagi malu mengeluarkan suara. “Kalau kita sedang latihan jangan takut muka kita jadi jelek, karena ini memang teknik dasar vocal seperti ini. Kalau di teater ini menjadi dasar bagi setiap calon aktor, jadi calon MC juga wajib latihan vocal suapay suaranya bisa berkembang,” ujar Imron yang juga Ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Palembang (DKP).

Di paruh acara, ada beberapa peserta yang disuruh praktik langsung tampil di depan peserta lainnya. Diantara ada yang malu. Sebagian lagi hanya tertawa. Namun ada beberapa peserta yang bersedia dijadikan percontohan latihan MC.

Wahyu Sapran, Ketua Panitia dan salah satu anggota Mahasiswa KKN UIN Raden Fatah mengatakan, pelatihan ini diselenggarakan bertujuan untuk membimbing dan membina anggota dan pengurus IRMA Al-Hidayah agar terampil dan mahir dalam hal membawakan acara.

Ustadz Suratman, Ketua Peribadatan, Masjid Al-Hidayah kelurahan Sukamaju Kecamatan Sako Palembang. (Foto. Dok.Pribadi/WA)

“Kegiatan ini untuk memningkatkan kreatifitas dan membangkitkan inovasi bagi anggota dan pengurus IRMA khususnya khusunya yang dilatih untuk menjadi pembawa acara yang baik dan  bagaimana cara berkomunikasi dengan baik di lingkungan masyarakat,” ujar Wahyu Sapran.

Acara yang berlangsung sejak 09.00-11.30 WIB dibuka oleh Ustadz Suratman, Ketua Peribadatan Masjid Al-Hidayah. Menurutnya, pelatihan MC ini sangat berguna bagi pembekalan keahlian remaja masjid. Diharapkan setelah pelatihan ini remaja masjid AL-Hidayah dapat menerapkan pada saat acara-acara tertentu.

“Melalui acara ini, sekaligus dapat memakmurkan masjid kita. Sebab masjid memang harus selalu dimakmurkan dengan berbagai kegiatan, termasuk pelatihan MC pada hari ini. Ke depan, kita harapkan remaja masjid bisa mengambil pelajaran dari pelatihan hari ini,” ujar Suratman.

Menurut Suratman kegiatan ini merupakan kreatifitas remaja yang harus didukung agar ke depan bisa menghasilkan anak-anak muda yang berkualitas untuk menjadi seorang pembawa acara yang baik agar bisa bersaing di level yang lebih tinggi.

“Saya berharap, kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN UIN Raden Fatah ini dapat menjadi contoh Mahasiswa KKN Universitas negeri maupun swasta di Sumatera Selatan untuk mendidik serta membagun generasi penerus bangsa yang baik di masa mendatang,” ujarnya.

TEKS / FOTO : TIM KKN UIN RF KEL-28





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster