DANDIM 04-05 : EMPAT LAWANG BUKAN PUSAT TITIK API

 507 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG I KSOL  – Komandan Kodim 04-05 Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang, CZI Sri Hartono mengakui terakhir kemarin pihaknya mendapatkan informasi bahwa di Empat Lawang terdapat beberapa titik api atau yang sering disebut Hot Spot. Bahkan, berdasarkan informasinya beberapa titik Hot spot itu berada di pabrik sawit yang beroprasional di Bumi Saling Keruani Saling Kerawati ini.

CZI Sri Hartono (Dandim 04-05 Lahat)

“TNI dan Polri khusus di Empat Lawang terus lakukan pemantauan baik melalui satelit dan kroscek kelapangan langsung. Titik api sempat ada, tapi sudah kita antisipasi. Selanjutnya terpantau titik hotspot di pabrik pengolahan sawit,” ujar Dandim 04-05, CZI Sri Hartono.

Mendapati informasi tersebut, kata Dandim, pihaknya langsung kroscek kelokasi. Namun setelah dicek titik api memang ada, tapi itu diakibatkan pembukaan lahan oleh warga dengan cara mebakar.

“Warga bukanlah pembakaran lahan, tetapi itu bagian dari operasional pabrik saja”imbuhnya.

Untuk di Empat Lawang, ia menuturkan, mayoritas titik hotspot di Empat Lawang hasil pembakaran lahan oleh masyarakat. Namun pihaknya selalu melakukan sosialisasi, untuk masyarakat dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar. Yakni dengan cara-cara yang aman dan tidak membahayakan masyarakat itu sendiri.

Apalagi 2018 akan dilaksanakan Asean Game di Sumatera Selatan. Walapun di Empat Lawang bukan merupakan titik pusat adanya hotspot, namun tindakan antisipasi terus dilakukan.

“Tapi sampai saat ini, alhamdulillah curah hujan masih cukup dan itu sangat membantu sekali. Dan secara tekhnis kita tetap lakukan sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar. Kalau memang ada pemilik lahan langsung kita tangkap, dan kepala desanya kita bawa ke kodim untuk dimintai keterangan. Supaya mereka memiliki rasa tangung jawab atas perbuatan yang telah dilakukannya,” tegasnya.

 

TEKS / FOTO : ARI / EDITOR : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster