Indonesia dan Kebinekaan Tak Perlu Diperdebatkan

 1,149 total views,  2 views today

JAKARTA  | KSOL  — Indonesia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dan kebinekaan, bagi Islam bukan sesuatu yang asing karena faktanya dalam ayat-ayat Alquran, telah gamblang disebutkan tentang manusia dan perbedaan.

“Indonesia kita dari segi kebinekaan ya sudah Islami. Itu bisa dilihat seluruh warga negara mendapat hak yang sama dan tidak ada diskriminasi. Artinya, Indonesia dan kebinekaan, dalam konsep Islam itu sudah tidak perlu diperdebatkan lagi,” kata Wakil Ketua Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, Hamim Ilyas di Jakarta, Jumat (28/7).

Ia menjelaskan, Islam sesungguhnya dalam pengertian asbabun nuzul adalah integrasi sosial dan integrasi politik. Integrasi sosial itu di mana seluruh masyarakat merasa menjadi bagian masyarakat tanpa ada diskriminasi, sedangkan integrasi politik di mana seluruh warga merasa menjadi bagian negara, tanpa terjadi diskriminasi.

“Jadi jelas kebinekaan tidak perlu didebatkan, karena kebinekaan itu Islam sendiri. Artinya seperti yang ada selama ini di Indonesia yang berbeda-beda itu telah diakui sebagai warga negara penuh yang sebagai Al Ballad Al Amin sehingga hak-haknya harus dilindungi,” jelas dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga ini.

TEKS : BERITASATU.COM | ILUSTRASI : GOOGLE IMAGE 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster