6.000 Blangko e-KTP di siapkan Disdukcapil

 340 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG  | KSOL —  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang mencatat jumlah seluruh warga wajib elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati hingga saat ini berjumlah 313.550 orang.

Kepala Disdukcapil Empat Lawang, Paterson Okki Bial melalui Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Hary Truman menjelaskan, jumlah seluruh warga Empat Lawang berjumlah sekitar 407.000 jiwa. Sedang yang berusia 17 tahun keatas atau yang sudah wajib e-KTP berjumlah 313.550.

Namun, hingga saat ini, Hary menuturkan, belum sampai setengah dari wajib e-KTP atau sekitar 136.796 orang saja yang sudah melakukan perekaman e-KTP. ” Bahkan e-KTP yang telah tercatat baru 130.526, masih 6000 lebih lagi yang belum dicetak. Masih lumayan banyak,” ujarnya.

Ia menuturkan, pihaknya terus berupaya menekan angka masyarakat wajib e-KTP itu terus mengecil. Bahkan, sistem jemput bola datang ke desa-desa dan kecamatan-kecamatan pun telah dilakukan. ” padahal kami sudah menyiapkan 6.000 blanko, kalau jatahnya habis, maka tidak bisa cetak kita, karena jumlahnya terbatas.” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang, Mobius mengatakan, data wajib e-KTP di Disdukcapil itu seperti tidak sinkron. Karena menurutnya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu sekitar diangka 180.000.

“DPT itu jumlahnya ditentukan dengan jumlah wajib e-KTP. Sekarang 2017, berarti baru tiga tahun. Sepertinya tidak mungkin selama rentang waktu 3 tahun, masyarakat bertambah hampir 50 persen,” ujarnya.

Kemungkinan, Mobius menyebut, data orang yang meninggal atau data orang sudah sudah pindah ke daerah lain masih belum terhapuskan. “Mungkin saja seperti itu. Tapi tak masalah, pada saat penentuan DPT untuk pilkada nanti akan ada tim untuk memverifikasi data tersebut,” pungkasnya

TEKS / FOTO : ARI | EDITOR : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster