Manfaatkan Aliran sungai dan Bahan Bekas, Amran Berhasil Ciptakan PLTMh

 258 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG I KSOL – Dengan memanfaatkan aliran sungai gelegah yang berada di Desa Ulak dabuk kecamatan Talang Padang serta barang bekas untuk menghidupka alat elektronik rumah tangga, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Empat Lawang, H Amran Rosyadi ZA, berhasil menciptakan Pembangkit Listrik Teknologi Mikrohidro (PLTMh).

Amran pun mengungkapkan, telah berhasil menyulap barang bekas dan kekayaan alam yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati tersebut menjadi bermanfaat bagi masyarakat.

“Sistem kerja pembangkit listrik ini, dihasilkan oleh aliran sungai yang dialirkan ke pipa dan derasnya air mendorong roda pelek yang di hubungkan Dynamo untuk bisa berputar, sehingga menghasilkan arus listrik,” Ungkapnya, belum lama ini

Selain itu, kata Amran, PLTMh yang diciptakannya ini mampu menghasilkan tenaga arus listrik sebesar 1000 Watt bahkan lebih sesuai kebutuhan.

“ Semakin derasnya aliran air yang dialirkan maka semakin kencang pula perputaran roda, itu akan menciptakan tegangan listrik yang di hasilkan akan semakin besar. Untuk mengatur derasnya aliran air maka di buatlah klep di ujung pipa”, Jelas Amran.

Pensiuanan tenaga asing yang bergerak di bidang teknik mesin ini pun mengatakan, PLTMh yang di ciptakannya ini masih melakukkan pengembangan untuk meningkatkan tegangan listrik yang di hasilkannya, sehingga nanti dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Dari hasil uji coba, PLTMh ini hanya mampu menghasilkan tegangan sebesar 1000 Watt makanya hanya digunakan untuk keperluan pribadi rumah tangga saya sendiri, kedepannya, Insya Allah akan bisa di besarkan lagi, agar dapat di manfaatkan oleh orang banyak”. Tuturnya.

Dirinya pun menceritakan ketertarikanya untuk pulang kampung ini agar dapat memanfaatkan ilmunya, karena latar belakangnya sebagai pensiunan tenaga asing ini memang bergerak di pengeboran minyak, dan tenaganya memang digunakan untuk menciptakan mesin dengan melihat kebutuhan dan manfaat alam yang bisa digunakan.

“Empat Lawang ini kaya akan wisata dan alamnya pun bisa digunakan untuk kebutuhan kita bahkan mampu meningkatkan perekonomian di Empat Lawang ini sendiri, makanya saya pulang kampung ini untuk memajukan Empat Lawang di bidang perekonomian. Saya juga mengharapkan dukungan dari pihak terkait agar kiranya dapat mengembangkan apa yang telah di rencanakannya tersebut” pungkasnya.

TEKS / FOTO : ARI / EDITOR : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster