Surga Polisi Disoal, Ustadz Taufik : Derajat Surga Polisi Lebih Tinggi dari Ustadz

 1,261 total views,  2 views today

Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan

TANJUNG ENIM | KSOL Pada Bulan Suci Ramadhan, pahala ibadah setiap otang beriman akan dilipatgandakan, terutama bagi yang rutin menjalankan ibadah puasa dan shalat malam. Bahkan didalam Bulan Suci Ramadhan, ada pengampunan dan pelepasan orang beriman dari api neraka.

Penjelasan dari sejumlah ulama tentang berkah Bulan Suci Ramadhan itu kemudian mengundang tanya bagi AKBP Leo Andi Gunawan, SIK,MPP, Kapolres Muara Enim.

Dalam sebuah kesempatan buka bersama degan awak media di Muaraenim, belum lama ini, Jum’at (02/06/17)‎ di masjid  Al-Hikmah lingkungan Mapolres Muara Enim‎, Jum’at (02/06/17)‎, Kapolres sempat berseloroh tentang surganya bagi polisi.

Menurut Kapolres, setiap Bulan Suci Ramadhan datang, baik tugas wartawan dan polisi nasibnya sama. Keduanya sibuk pada tugasnya masing-masing.

Wartawan bertugas memantau kondisi buka bersama, tarawih, kebutuhan sembako ramadhan dan sebelum lebaran, termasuk memantau arus mudik lebaran.

Sementara menurut Kapolres, polisi juga sibuk mengatur lalu lintas, pengamanan malam Ramadhan dan arus mudik lebaran. Semua ini dilakukan polisi demi kenyamanan warga dalam menjalankan ibadah puasa hingga saat mudik lebaran.

“Terkait dengan itu, kita kemudian mengandang wartawan. Mengapa kita mengundang rekan-rekan media? Karena kita senasib. Polisi dan wartawan tidak pernah libur dari tugas kita masing-masing. Mudah-mudahan dengan kita berkumpulnya bersama Ustadz, para guru, dan tokoh agama kita akan mendapatkan pencerahan, barokah, kekuatan iman dan manfaat kepada Allah SWT,” ujar mantan Kapolres OKU ini.

Namun demikian, di benak Kapolres Leo muncul pertanyaan, bagaimana mungkin polisi bisa masuk surga? Sebab ketika orang lain sibuk mengisi ibadah di Bulan Suci Ramadhan dengan kegiatan keagamaan untuk menambah pahala, sementara polisi sibuk bertugas menjaga keamanan masyarakat?

Ustadz Taufik Hidayat, S.Ag, Pimpinan Pondok Pesantren Darus’adah Air Lintang Muara Enim (berdiri) sedang member tausiyah pada acara Buka Bersama di Polres Muaraenim, Jumat (02/06/17)‎. FOTO. DOK.KSOL/ALDO

Menjawab pertanyaan itu, Ustadz  Taufik Hidayat, S.Ag, Pimpinan Pondok Pesantren Darus’adah Air Lintang Muara Enim ini mengatakan, persoalan surge dan neraka bukan hak mahluk, tetapi semua itu wewenang Allh SWT. Oleh sebab itu, menurut Taufik, siapapun berhak masuk surge sesuai dengan ridho Allah, tak terkecuali polisi, meski di Bulan Suci Ramadhan kesanya hanya sibuk mengatur lalu lintas dan tidak menimba amal ibadah.

“Nah, menjawab pertanyaan tadi (dari Pak Kapolees), apakah seorang polisi dapat masuk surga? Jawabnya, kenapa tidak? Karena pada saat Bulan Suci Ramadhan ini, tugas polisi dalam menghadapi persoalan ramadhan hingga hari raya sangat berat. Oleh sebab itu, surganya polisi bisa lebih tinggi dari derajat surganya seorang Ustadz. Sebab, karena tantangan yang dihadapi polisi lebih berat dari pada tantangan seorang Ustadz,” jelas Ustadz Taufik.

Lebih lanjut, alumnus Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang ini mengatakan. Derajat surga seorang bukan ditentukan oleh profesi atau suku, tetapi semua ditentukan oleh usahanya, tentang bagaimana seseorang itu untuik meraih taqwa kepada Allah‎ SWT.

“Dengan kita menjalankan ibadah puasa, menjadi salah satu usaha orang beriman untuk menunjukkan dirinya beriman. Dengan puasa seseorang dapat  mengendalikan hawa nafsu, memupuk kesabaran dalam ketaatan, kesetiakawanan sosial, semangat berbagi, sehingga dengan puasa setiap umat beriman akan menjadi insan yang bertaqwa, sebagaimana target puasa ramadhan : yaitu menjadikan orang mukmin sampai pada derajat takwa,” tutupnya.

Oleh sebab itu, pada kesempatan itu, Kapolres berharap melalui buka puasa bersama, antara Polres dan jajaran media di Muaraenim, dapat memberi kekuatan kepada Jajaran Polres dalam melaksanakan tugas, sekaligus dapat memberi manfaat bagi semua masyarakat.

Buka Puasa bersama yang juga melibatkankan jajaran Bhayangkari Muaraenim itu, selain dihadiri Kapolres Muara Enim, hadir pula Wakapolres Muaraenim, Kompol M. Adil SH, Kabag Ops Kompol Zulkarnain, S.IK, Kasat Narkoba AKP Alhadi H SH, Kasat Reskrim AKP Agus Prihandinika, SH, SIK, Kasubbag Humas AKP Arsyad AR dan para Perwira dilingkungan Polres Muara Enim.

Dari sejumlah Ormas, hadir pula Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Muara Enim, H Taufik Rahman SH, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) H Sarban, serta tokoh agama, H Muchtar Sahnan Lubis.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR :  IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster