Jembatan Enim III Putus Total. Kepala PU Muara Enim : Butuh 7 M untuk Perbaikan

16 total views, 3 views today

MUARA ENIM | KSOL – Jembatan Enim III di Desa Karang Raja Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan putus total pada pekan silam, Kamis (23/2/17). Peristiwa terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Namun tidak menelan korban jiwa.

sejumlah sumber menyebutkan, kejadian ini diduga sebagai akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan arus Sungai Enim meningkat.

Seorang nenek yang dibantu warga dan anggota TNI saat ingin menyeberang jembatan Enim 3 yang tidak diketahuinya sudah ambruk ketika akan pulang dari lokasi kebun.

Seorang nenek yang dibantu warga dan anggota TNI saat ingin menyeberang jembatan Enim 3 yang tidak diketahuinya sudah ambruk ketika akan pulang dari lokasi kebun.

Jembatan Enim III yang merupakan jalur penyeberangan dari Kota Tanjung Enim menuju terminal Regional dan Kabupaten Lahat ini pecan silam sudah putus pada bagian pangkal jembatan.

Hal ini terjadi akibat pondasi jembatan tergerus air Sungai Enim yang sering meluap akibat curah hujan yang tinggi. Sebelumnya, jembatan yang menjadi jalur alternatif bagi kendaraan dan warga untuk pergi ke ladang ini memang sudah ada larangan dari pihak terkait, mengingat tembok penahan dan bibir jembatan sudah ambruk.

Bahkan pemerintah setempat sudah memasang portal jalan agar tidak warga dan kendaraan melewati jembatan. Dikhawatirkan bisa membahayakan.

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH (kemeja batik pink) didampingi Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIK MSI,Kadin PU A Yani, Kadin CK Ramlan Suryadi dan rombongan saat memantau langsung lokasi akses jembatan Enim 3 yang ambruk

Namun sebagian warga tidak mengetahui kondisi jembatan yang sudah putus. Samai-sampai, seorang nenek yang baru pulang dari kebunnya tetap memaksa melewati jembatan. Tak ayal, sang nenek harus dibantu warga dan anggota TNI untuk menyeberang.

‎Sukiyat salah seorang warga setempat yang melihat langsung kejadian mengatakan, pada awalnya terdengar suara gemuruh pada bagian jembatan. Setelah dilihat ternyata pangkal jembatan yang sebelah sudah ambruk. Pada saat kejadian kondisi cuaca sedang cerah dan sepi karena arus lalu-lintas di lokasi sudah ditutup.

Sementara itu, A Yani, Kepala Dinas Pekerja Umum (PU) dan Penataan Ruang Kabupaten Muara Enim kepada awak media saat meninjau langsung kondisi jembatan mengatakan, Pemerintah setempat memang telah merencanakan untuk merehab jembatan Enim III.

Pihaknya dengansudah menganggarkan  Rp 7 miliar. Saat ini sedang dilakukan proses lelang dan menunggu pemenang. Dalam waktu dekat akan segera dilakukan langkah-langkah selanjutnya.

Sejumlah aparat terkait sedang meninjau lokasi

Namun, A Yani menyebutkan untuk melakukan perbaikan, harus dilihat kondisi cuaca dan debit air sungai. Jika debit sungainya tinggi, maka akan sulit untuk melakukan pekerjaan.

Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan, SIK, M.Si di sela melakukan pemantauan mengatakan, dari segi keamanan pihaknya akan melakukan upaya nyata untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi. Pihaknya kemudian memasang portal semi permanen sehingga masyarakat atau kendaraan tidak bisa melewati jembatan tersebut.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com