Penerima Rastra di Empat Lawang Meningkat

 308 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG I KSOL – Data rumah tangga sasaran (RTS) penerima beras untuk rakyat sejahtera (Rastra) di Empat Lawang mengalami peningkatan. Di tahun 2017 ini mencapai 12.141 RTS, atau bertambah sebanyak 104 penerima jika dibandingkan data 2016 sebanyak 11.037 RTS.

Marwan Effendy (Kepala Ekobang Setda Empat Lawang)

Marwan Effendy (Kepala Ekobang Setda Empat Lawang)

Demikian disampaikan Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan (Ekobang) Setda Empat Lawang, Marwan Effendy, kemarin (13/2/2017). “Sesuai data Badan Pusat Statistik ada peningkatan 104 RTS, kita upayakan penerima Rastra di Empat Lawang tepat sasaran,” tegas Marwan.

Mengenai mekanisme pembagian rastra sendiri, kata Marwan, akan diserahkan ke pihak kecamatan, lalu pihak kecamatan meneruskan ke tingkat desa dan kelurahan.”Yang jelas untuk penyaluran rastra ini kita minta tidak dilakukan dimalam hari. Sebab kita berharap, agar tidak ada tambahan biaya untuk rastra,” katanya.

Namun, Marwan menjelaskan, untuk harga rastra boleh saja dinaikan asalkan sesuai dengan musyawarah tingkat RTS. “Misalkan saja ada biaya transpor, sah-sah saja harga rastra naik. Namun dengan catatan harus sesuai dengan musyawarah tingkat RTS,” jelasnya.

Saat disinggung mengenai rastra rawan diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, pihaknya mengaku, akan melakukan sosialisasi rastra dengan mellibatkan tim Kabupaten dan Kecamatan serta tim desa, agar penyalurannya tepat waktu tepat sasaran dan tepat jumlahnya. “Jika masih saja ada oknum yang menyelewengkan rastra, kita serahkan kepada kepolisian dan kejaksaan untuk menindaknya,” tukasnya.

 

TEKS / FOTO : ARI  / EDITOR : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster