Bekas Pasar Tradisional Ujanmas Bakal Jadi Gedung Serba Guna

 296 total views,  18 views today

MUARA ENIM | KSOL – Pemindahan Pasar Tradisional (Kalangan) Ujanmas pada Sabtu (14/1/16) di Desa Ujanmas Baru, Kabupaten Muara Enim pekan silam sudah selesai.‎

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH, ikut meninjau langsung Pemindahan Pasar Tradisional (pasar kalangan) Ujanmas tersebut.

“Saya sangat bangga dengan  kekompakan para pedagang dan pengurus pasar ini. Kita harap hal seperti ini akan tetap berlanjut dan bukan untuk hari ini saja. Kedepan kalau memang masih ada kekurangan los tentu kita akan anggarkan lagi melalui dinas perdagangan,” tutur Nurul Aman kepada para pedagang dan pengurus pasar saat melakukan kunjungan di pasar tradisional Ujanmas yang baru di relokasi.

Camat Ujanmas Sugiarto D Limpah S.Sos mengatakan usai  pemindahan, lokasi ini akan dijadikan bangunan Gedung Serba Guna (GSG). Sugiarto juga menilai positif setelah melihat para pedagang yang secara kesadaran masing-masing pindah ke tempat yang baru.

Suasana Dan Keadaan Bangunan Pasar Baru Ujanmas

Suasana dan keadaan bangunan Pasar Baru Ujanmas Muaraenim (Foto.Aldo/KSOL)

Pemerintah sangat ingin melihat para pedagang dan pembeli  merasa aman, tidak seperti pasar lama yang lokasinya di pinggir jalan raya sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas dan mengancam ke selamatan pedagang dan pembeli.

Sedangkan, Kepala Desa Ujanmas Baru Nurman S.Pd mengatakan, sebenarnya rencana relokasi pasar ini sudah sangat lama. Namun baru saat ini bisa terealisasi.Mmengingat, adanya desakan dari pemerintah kabupaten, karena Pasar yang lama sudah tidak layak lagi dan sangat membahayakan, baik pedagang maupun pembeli karena lokasinya berada di pinggir jalan raya.

Syarpuddin S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Muara Enim mengatakan,  dengan telah di relokasinya para pedagang ke lokasi pasar baru ini di‎harapkan para pedagang dan pengurus pasar akan selalu sinergi dan berkelanjutan.

“Kami sebagai ledingsektor dari pada pasar ini tentunya mempunyai tangung jawab dan andil  dalam maju mundurnya pasar baru ini. Saya berharap kepada petugas pasar yang telah ditunjuk kades agar dapat membuat para pedagang tertib dan aman, supaya pedagang yang baru di relokasi ini menjadi betah dan tidak berpikir akan kembali lagi ke pasar yang lama.  Nanti kita akan tambah lagi bangunan baru kalu memang los para pedagang ini masih kurang,” ujarnya.

Adapun masalah status Pasar yang sampai sekarang masih di kelola oleh Desa terang Syaruddin, itu tidak menjadi permasalahan.

Namun kedepan tambahnya, untuk pengelola dan petugas pasar akan pihaknya ajukan pengangkatanya dengan SK Bupati yang mana petugas pasar nantinya akan si usulkan oleh Kepala desa Setempat.

‎Sedangkan masalah Restribusi nantinya akan tetap pihaknya minta, agar adanya setoran ke Dinas perdagangan  kabupaten sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan masuk ke kas Daerah. “Masalah besarnya tentu akan kita bahas bersama sama pemerintah Desa,” tutupnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com