PTBA Optimis, 2017 Produksi Capai 24.07 Juta Ton

 297 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM | KSOL – Ikim bisnis batu bara dunia sepanjang tahun 2016, dalam kondisi memprihatinkan. “Bahkan lebih memprihatinkan di banding tahun sebelumnya,” ujar Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Niaga PTBA, belum lama ini di Gedung Olahraga PTBA Tanjung Enim, (31/12/2016).

Namun, dalam bulan terakhir di tahun 2016, menurut Arie menunjukan kondisi pasar yang sudah mulai membaik.  Tapi kondisi itu, menurut Arie masih jauh dari gemilang tahun 2011 dan 2012.

Berdasar pada analisa itu, Arie optimis  pada 2017 produksi batu bara bisa mencapai 24,07 juta ton. Sementara pembelian ditargetkan 27,09 juta ton, penjualan 27,29 juta ton dan angkutan kereta api 21,70 ton.

Optimisme ini, menurut Arie berdasar pada perjalanan tahun 2016 PTBA, yang berhasil mengukir berbagai prestasi penghargaan dan peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Diantaranya di bidang produksi, penjualan dan angkutan batubara serta rencana kinerja 2017.

Arie menjelaskan, selama 2016 tercatat ada 21 prestasi dan penghargaan yang diterima dari sejumlah lembaga kajian independen dan pemeringkatan nasional, baik bidang bisnis maupun bidang pengelolaan lingkungan dan sosial.

Diantara penghargaan itu, PTBA mendapatkan Proper Emas tahun 2016. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang pengelolaan lingkungan hidup, termasuk lingkungan sosial kemasyarakatan, yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.Proses penilaiannya sangat ketat yang dilakukan sebuah kepanitian yang independen.

“Kita berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang mengatakan PTBA merusak lingkungan atau tidak peduli terhadap masyarakat di sekitarnya,” ucapnya.

Oleh karena itu, tambahnya, sebagai wujud syukur atas peningkatan kinerja dan diraihnya berbagai prestasi, PTBA membagikan sebanyak 8.000 paket sembako kepada masyarakat yang bersentuhan langsung dengan PTBA di 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Muara Enim dan Lahat serta Pelabuhan Tarahan Bandar Lampung sekitar 520 paket sembako.

“Kita mengakui bahwa semua prestasi yang diraih PTBA tersebut tak lepas dari dukungan berbagai pihak, selain dari internal PTBA sendiri juga berkat adanya dukungan dari pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat, serta komponen masyarakat sekitarnya yang juga memberikan peran yang sangat menentukan,” tambahnya.

Acara selain dihadiri, Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, hadir pula Sekda Muara Enim, Ir H Hasanuddin, M.Si, para pejabat di lingkungan Pemkab Muara Enim dan Lahat, Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Jamaluddin, Wakapolres Muara Enim, Kompol M Aidhil, unsur Trifika Lawang Kidul, mitra kerja, tokoh masyarakat, agama dan pemuda, wartawan, para direksi anak perusahaan PTBA dan Karyawan/i PTBA serta tamu undangannya lainnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR :‎ SUMARMAN





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster