Pungli Merusak Sendi Masyarakat, Pemkab Muaraenim Bentuk Satgas Saber

 334 total views,  2 views today

MUARA ENIM | KSOL – Setelah sebelumnya di Kabupaten Empat Lawang, kini giliran Kabupaten Muaraenim yang bergerak memberantas pungutan liar (pungli). Hal ini ditandai dengan pengukuhan Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) pungli di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) atau rumah dinas Bupati Muara Enim, Selasa (27/12/16) sekitar pukul 14.00 WIB.

Tim  Satgas Saber dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Wakil Bupati H Nurul Aman SH. Tersusun kepengurusan yaitu ; Waka Polres Muara Enim (Ketua Pelaksana), Kepala Inspektorat (Wakil Ketua Pelaksana I) dan Kasi Intel Kejari Muara Enim (Wakil Ketua Pelaksana II).

Baco berita terkait lainnyo  : Mulai 2017, Pemkab Empat Lawang akan Gulung Mafia Berdasi

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH saat melakukan pengukuhan ‎Ketua Pelaksana Waka Polres Muara Enim, wakil pelaksana 1 Kepala Inspektorat dan wakil pelaksana 2 Kasi Intel Kejari Muara Enim‎ (FOTO. Hendro/KS)

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH saat melakukan pengukuhan ‎Satgas Saber Muaraenim, sebagai Ketua Pelaksana Waka Polres Muara Enim, Wakil Pelaksana I, Kepala Inspektorat dan Wakil Pelaksana II Kasi Intel Kejari Muara Enim‎ (FOTO. Hendro/KSOL)

Dalam sambutannya Wabub menyampaikan, terbentuknya Satgas Saber ii sejak adanya penetapan pada 21 Oktober 2016. Satgas Saber merupakan salah satu kebijakan Presiden Jokowi, yang tujuannya untuk memberantas pungli. “Baik menekan pencegahan dan melakukan penindakan,” ujarnya.

Wabub juga menambahkan, atas nama Pemkab Muara Enim menyambut baik dan mengapresiasi pembentukan Satgas Saber Muara Enim tersebut.

Menurut Wabup, pungutan liar saat ini di Muaraenim sudah sangat merusak sendi perekonomian dan kehidupan bermasyarakat serta kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu menurut Wabup pembentukan satuan kerja ini diharapkan dapat bekerja efektif dan memberikan efek jera kepada pelaku.

Baco berita ini jugo : Ada Pungli di Sekitar Anda, Laporkan Ke Sini! Bisa Lewat SMS

“Kita berharap agar kegiatan Satgas Sapu Bersih Kabupaten Muara Enim ini dapat berjalan berlancar sesuai dengan yang kita harapkan,” ujarnya.

Ditemui usai pelantikan, Waka Polres Muara Enim, Kompol M Adil mengatakan untuk menjalankan Satgas ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan semua pihak, untuk menentukan cara dan metode yang tepat untuk memberantas praktik pungli.

FOTO BERSAMA -- Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH saat berfoto bersama Tim Satgas Saber Pungli di BASS atau rumah dinas Bupati Muara Enim, Selasa (27/12/16) (FOTO.HENDRO/KSOL)

FOTO BERSAMA — Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH saat berfoto bersama Tim Satgas Saber Pungli di BASS atau rumah dinas Bupati Muara Enim, Selasa (27/12/16) (FOTO.HENDRO/KSOL)

“Ya, nanti kita akan berkoordinasi dengan semua pihak yang terlibat. Kita akan menentukan cara bertindak seperti apa dalam memberantas praktik Pungli ini,” jelas M Adil.

Selain itu, M Adil menjelaskan pihaknya akan mengadakan tindakan pencegahan dan pembinaan. Sebab keberhasilan Satgas Saber ini bukan diukur dari jumlah orang ditangkap, akan tetapi kita berupaya agar praktik pungli ini dapat dihentikan.

Hadir pada acara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muara Enim, Kapolres dan Wakapolres Muara Enim,  Dandim 0404 Muara Enim, Kepala Kemenag Muara Enim, Danpom TNI dan undangan lainnya.

TEKS / FOTO : HENDO ALDO IRAWAN | EDITOR : SUMARMAN





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster