Mulai 2017, Pemkab Empat Lawang akan Gulung Mafia Berdasi

 443 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG | KSOL — Unit penanggulangan pungutan liar (pungli) atau Tim Saber Pungli Kabupaten Empat Lawang menargetkan, di awal Januari 2017 segera beroperasi memberantas tuntas keberadaan praktik para mafia berdasi di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Ketua Pelaksana Unit Penanggulangan Pungli atau Tim Saber Pungli Empat Lawang, M Rizvy Qaswieny mengatakan, januari 2017 akan segera dioperasikan tim penuntasan keberadaan pungli itu. Konsentrasi awal, yang akan dilakukan, jelas Rizvy, diutamakan untuk lakukan sosialisasi terkait tugas dari tim saber pungli itu.

“2017 akan kita operasikan, tapi lebih kita tekankan untuk sosialisasi dahulu. Kita upayakan semua orang di Empat Lawang paham apa itu pungli, sehingga nanti paham ketika apa yang harus kami lakukan penindakan,” ujar Risvy.

Ilustrasi : Google Image

Ilustrasi : Google Image

Pria yang juga menjabat Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Empat Lawang ini mengungkapkan, sosialisasi itu lebih diutamakan, agar tidak lagi menjadi alasan lagi saat dilakukan penindakan. “Target saya semua elemen nanti paham apa itu pungli. Biar tidak berkelak lagi, kalau kita tindak,” tegasnya.

Dijelaskannya, tidak semua bentuk pungutan yang dilakukan itu dikatakan Pungli. Pungutan yang memang sudah dilakukan kesepakatan melalui rapat, itu bukanlah Pungli.

“Nah, kalau ada orang yang mau naik pangkat, pake uang pelicin, itu baru pungli. Buat KTP juga, ada pungutan diluar aturan, pungli juga. Kecuali, apabila sekolah yang orang tua murid mau mengadakan perpisahan anaknya, mau pake acara yang besar, dan jelas-jelas disekolah tidak ada anggarannya. Disepakati bersama untuk pungut sumbangan, itu bukan pungli,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI | EDITOR : SUMARMAN

PUSAT PENGADUAN PUNGLI : Email : lapor@saberpungli.id  atau Telp: 193/0821-1213-1323 Sms:1193/0856-8880-881





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster