Tes Urine Digelar, Banyak Anggota DPRD Empat Lawang Kabur

 178 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG |  KSOL — Anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang mendadak di tes urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Empat Lawang, (20/12/2016). Tes urine dilakukan usai rapat paripurna di ruangan rapat paripurna DPRD Empat Lawang.

Tes urine diduga bocor karena hanya segelintir yang mengikuti paripurna dan ikut tes urine. Bahkan ada beberapa dewan yang kabur, padahal sudah mengisi absen rapat.

Total anggota DPRD Empat Lawang 35 orang, di daftar absen rapat paripurna kemarin tercatat hanya 19 anggota dewan yang hadir. Jumlah tersebut berkurang usai rapat dan hendak dites urine, hanya tersisa 12 orang.

7 orang anggota dewan yang sudah mengisi absen diduga memilih kabur setelah mengetahui banyaknya anggota BNNK di kantor DPRD dan bakal ada tes urine. Bukan hanya itu saja, PNS maupun staf terlihat sepi dari hari biasanya.

“Mungkin ada kesibukan atau ada undangan mendadak. Jadi mereka (anggota dewan) buru-buru pulang dan tidak mengikuti rapat paripurna,” kata Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto usai melaksanakan tes urine.

David menjelaskan rapat paripurna mendengarkan jawaban eksekutif atas pandangan fraksi dewan dalam rangka pembahasan RAPBD 2017 tidak mesti kuorum. Berbeda dengan rapat paripurna lainnya atau pengesahan yang harus kuorum.

“Oleh karena itu rapat paripurna tetap kita laksanakan meski tidak kuorum. Mereka yang tidak hadir paripurna mungkin ada kesibukan atau ada undangan mendadak,” ujarnya.

Jika ada yang positif menggunakan narkoba, David mengaku pihak BNNK melaporkannya terlebih dulu ke dirinya sebagai ketua DPRD. Baru kemudianm pihaknya menyerahkan ke partai atau fraksi masing-masing untuk ditindaklanjuti.

“Kalau di Partai Golkar sudah jelas. Jika ada kadernya terlibat narkoba entah itu pengguna pengedar dan sebagainya akan ditindak tegas,” ujar David.

Sedangkan anggota yang tidak hadir diwajibkan untuk datang ke Kantor BNNK untuk melakukan tes urine. Informasi dihimpun siang tadi usai tes urine di kantor DPRD satu anggota DPRD datang ke Kantor BNNK untuk tes urine.

Sementara Kepala BNNK Empat Lawang, AKBP H Amancik Merzuki mengatakan, tes urine dilakukan mendadak. Hasil tes urine 12 anggota dewan semuanya negatif. Sedangkan anggota dewan yang belum tes urine akan dites di Kantor BNNK.

Mengenai laporan warga mengenai ada anggota dewan yang menggunakan narkoba, Amancik menegaskan akan menindaklanjuti laporan tersebut. “Memang ada laporannya, tapi sepertinya tidak hadir,” tukasnya.

 TEKS : SAUKANI |  EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster