Adib Ubaidillah: PTBA Targetkan Tambang Mandiri

13 total views, 3 views today

TANJUNG ENIM | KSOL – Sebagai upaya peningkatan dan kemandirian produksi tambang Batu Bara milik PT BA (Persero) Tbk Tanjung Enim, belum lama ini PTBA menjalin kerjasama dengan Pemerintah Negara Belarusia.

Sekretaris Perusahaan (Sekper) PT Bukit Asam, Adib Ubaidillah mengatakan, terobosan baru ini sebagai program elektrifikasi yang akan dimulai tahun depan. Selama ini kata dia, kovensi dumb truk dan shuple dalam bentuk manual.

Namun dengan program elektrifikasi ini, sebagian alat  akan mengunakan tenaga listrik. Adapun keuntunganya adalah PTBA memiliki pembangkit listrik sendiri yang kapasitasnya adalah 3×10 mbw.

Pembangkit tersebut baru terpakai sebesar 8 Megawatt, dan juga ke untunganya adalah pembangkit listrik tersebut juga mengunakan bahan bakar Batubara yang berkalori rendah. Otomatis, biaya produksinya akan lebih murah, karena alat ini  tidak mengunakan bahan bakar lagi.

“Dengan alat- alat ini akan optimal. ‎Alat ini akan diterapkan tahun 2017. Sebanyak 40 unit damtruk dan 8 unit electrik shupel. Dan sekarang sudah 4 alat yang sudah diinstal oleh pihak penyedia. Untuk oprasionalnya nanti kita akan memberdayakan anak-anak tamatan  STM  lokal yang nantinya akan kita lakukan training oleh pihak perusahaan penyedia barang tersebut,” jelasnya.

Adib berharap ke depan PTBA akan menambang secara mandiri dengan tidak tergantung pada subkontraktor. Walaupun dengan komposisi, akan tetap ada di wilayah pertambangan PTBA seperti di wilayah tambang Airlaya dan wilayah lainnya. Sementara alat ini tambah dia, akan dioperasikan  di wilayah tambang Banko Tengah.

Adib menambahkan, dari 40 unit electrik Dumbtruk dan 8 unit electrik shupel ini adalah investasi perusahaan yang dibeli dari negara Belarusia sebesar Rp 1 triliun. Alat ini, perawatannya menjadi tangungjawab pihak dari negara produksi alat.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN |  EDITOR : T PAMUNGKAS





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com