Tidak Ada Objek Wisata Selesai Dibangun

53 total views, 3 views today

lambang_empat_lawangEMPAT LAWANG | KSOL — Objek wisata di Empat Lawang cukup banyak. Paling tidak ada 18 objek wisata. Namun, hingga saat ini belum ada satupun objek wisata yang dibangun. Bila, dibangun, tidak selesai pembangunannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Empat Lawang, Hj RR Endang DS membenarkan hal itu. Kata dia, belum ada objek wisata di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini selesai dibangun. Hanya ada satu tempat yang dibangun, yakni di objek wisata Air Terjun Batu Betiang yang terletak di Desa Ulak Dabuk Kecamatan Talang Padang. Itupun belum selesai pembangunannya, baru berjalan 60 persen saja.

“Iya baru satu yang dibangun, itupun tidak selsai. Harusnya, walaupun satu sampai selesai, biar bisa dimanfaatkan,” ujar Endang.

Menurutnya, pembangunan di objek wisata batu Betiang itu sebelumnya baru dibangun dengan anggaran Rp2 miliar. Masih jauh untuk penyelesaiannya. Sebab, Kata Endang, pihaknya merencanakan pembangunan itu dengan dana Rp6.8 – 7 miliar.

“Kalau baru 2 miliyar, masih jauh sekali. Sekitar Rp4 miliyar lagi agar selesai dibangun. Belum lagi bangunan itu sekarang terbengkalai saja, ada juga yang sudah mengalami kerusakan,” kata dia.

Sementara itu, di 2017 mendatang, Endang menuturkan, Kabupaten Empat Lawang akan menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat. Bantuan dana itu sebesar Rp2.5 miliar.

“Kalau ada nanti, dana itu akan di gunakan untuk penataan tempat wisata sebesar Rp1.5 miliyar. Dan Rp1 miliar-nya untuk amenitas,” tutur dia.

Endang menjelaskan, dana penataan itu akan diarahkan untuk melanjutkan pembangunan di air terjun batu Betiang. Dana amenitas akan dicek dahulu status lahan di jembatan musi 2. Kalau tidak bermasalah, akan dilakukan pembangunan amenitas di jembatan kuning. Kalau bermasalah, maka akan dialihkan ke air terjun batu Betiang juga.

“Tapi saya rasa masih tidak cukup, karena kita butuh Rp4 miliyar untuk penyelesainnya,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com