Ibrahim – Yulia, Resmi Ketua-Sekretaris Baru AJI Palembang

 564 total views,  2 views today

PALEMBANG  I KSOL – Konferensi Kota (Konferta) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang, yang berlangsng di KONI Sumsel, Selasa (6/12/2016) akhirnya melahirkan pengurus baru. Ibrahim Arsyad (wartawan Sindo) dan Yulia Safitri, terpilih sebagai ketua dan sekretaris, menggantikan Darwin Syarkowi (Ketua) dan Retno Palupi (Sekretaris). Keduanya, akan segera membentuk struktur organisasi guna menjalankan program-program AJI tiga tahun ke depan (2016-2018).

Dalamkesempatan itu, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Suwarjono berpesan, agar AJI Palembang memperkuat isu pendidikan dan peningkatan kapasitas jurnalis pada program kerja ke depan.

Hal ini penting dilakukan terkait dengan pesatnya perkembangan media online, maupun media sosial dengan informasi yang tidak menerapkan kaidah dan norma jurnalistik.

“Ini memang menjadi tantangan kita ke depan, terutama terhadap kepenguruan AJI Kota Palembang yang baru. Kita harus memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai hal ini, terutama kepada para jurnalis,” ujarnya.

Jono (sapaan akrab Suwarjono) menjelaskan, pasca era reformasi media tidak lagi berjalan satu arah sebagaimana pada era Orde Baru (Orba). Melainkan, sekarang pembaca (masyarakat) ingin aktif menyuarakan aspirasinya mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasa merugikan, dan juga menanggapi peristiwa lain kepada publik melalui media massa terutama di media sosial.

“Jangan sampai citra media dan kawan-kawan jurnalis, tidak baik di masyarakat hanya karena menampilkan informasi hoak, bohong dan provokatif. Karenanya, mari kita terus sosialisasikan terkait etik jurnalistik. Untuk kawan-kawan AJI Kota Palembang, memperkuat kapasitas dan pemahaman ke-AJI an,” tegasnya.

Sementara Korwil AJI Sumatera Budisantoso Budiman menambahkan, dari sekian banyak media atau jurnalis ketika dihadapkan kepada etik pada kedodoran. “Saya percaya dengan semangat yang tinggi, kawan-kawan mampu untuk menggerakkan dan menanamkan pemahaman tentang etik jurnalistik baik ke dalam maupun ke luar. Tapi yang terpenting, AJI Palembang bisa memperkuat di internal,” ucapnya.

TEKS : T PAMUNGKAS  I EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster