2017, PPDB di Empat Lawang Disesuaikan Domisili Calon Siswa

 190 total views,  2 views today

lambang_empat_lawangEMPAT LÀWANG | KSOL — Mendikbud akan buat sistem aturan penerimaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2017, yakni berdasarkan zonasi. Artinya sekolah terdekat wajib menerima siswa yang berdomisili dekat sekolah.

Kepala Disdik Empat Lawang, Agusni Effendi membenarkan adanya peraturan tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengatasi sekolah yang menumpuk dan rayonisasi tetap berjalan. Sebab banyak siswa yang bersekolah di sekolah yang jauh dari rumahnya.

Dampaknya ada beberapa sekolah yang siswanya menumpuk, tidak sesuai dengan kuota yang sudah ditentukan. Selain itu sistem belajar mengajar akan terganggu jika siswa dalam satu kelas sudah melebihi kuota yang ada.

“Contohnya saja di SDN 7 dan 8 di Tanjung Beringin. Siswa dari Jayaloka banyak yang sekolah di sana, sedangkan di Jayaloka ada SD. Akibatnya, siswa menumpuk bahkan guru mengajar sampai dua shift,” ujarnya,  (6/12/2016).

Untuk mengatasi hal ini, sistem PPDB untuk tingkat SD hingga SMA di Kabupaten Empat Lawang tahun ajaran mendatang ada perubahan sedikit. Siswa baru diharuskan menyertakan surat domisili atau kartu keluarga (KK) kartu tanda penduduk (KTP) walinya.

Hal ini dilakukan supaya rayonisasi tetap jalan dan siswa tidak menumpuk di satu sekolah. Sebab jika siswa sudah menumpuk sedangkan ruang kelas hanya terbatas akan mengganggu sistem belajar mengajar di sekolah tersebut.”Kalau siswa mau pindah rayon terpaksa pindah domisili juga,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster