Wartawan di Muaraenim Uji Kompetensi, 17 Lulus 4 Gagal

 168 total views,  3 views today

MUARA ENIM | KSOL – Sedikitnya 21 wartawan di Muaraenim mengikuti Uji Kopetensi Wartawan (UKW) selama 2 hari (28-29/11/2016) di Griya Sintesa Hotel dan Ruang Rapat Bapedda Muaraenim.

Dari 21 wartawan 17 diantaranya lulus dan 4 wartawan gagal. UKW digelar  oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim bekerjasama dengan Humas Pemkab Muara Enim.

Ketua PWI Sumatera Selatan, H Oktaf Riadi mengatakan, UKW merupakan ujian kemampuan wartawan dalam melakukan penulisan berita yang dilakukannya setiap hari. Mellaui UKW akan terlihat kompetensi dan kemampuan wartawan dalam mengemas berita agar menarik dan layak disajikan menjadi berita. “Tentunya harus memenuhi unsur 5W 1 H dan sesuai kode etik jurnalistik,” ujar Oka—panggilan akrab Oktaf Riadi.

Tampak 21 Wartawan Peserta UKW Berfose Bersama Penguji dan Panitia Usai Kegiatan‎ Di Ruang Rapat Bapeda Muara Enim, Selasa (29/11/16).

Tampak 21 Wartawan Peserta UKW Berfose Bersama Penguji dan Panitia Usai Kegiatan‎ Di Ruang Rapat Bapeda Muara Enim, Selasa (29/11/16).

Oka berharap melalui UKW dapat mendorong wartawan di Kabupaten Muara Enim semakin profesional dan mampu member kontribusi dalam mendukung pembangunan khususnya di Kabupaten Muara Enim, sesuai dengan undang-undang nomor 40/1999 tentang pers.

Sementara itu, Uyun Achadiat  salah satu penguji dari PWI pusat mengatakan tentang
jenjang dalam standar kualitas wartawan (SKW). Menurutnya, SKW adalah wartawan utama atau Pemimpin Redaksi (Pemred), madya dan muda.

BACO BERITA TERKAIT LAINNYO : WARTAWAN DI MUARAENIM UJI KOMPETENSI, 17 LULUS 4 GAGAL

Dijelaskan, fungsi tugas wartawan muda, yakni  rapat redaksi dengan madya untuk merencanakan mengusulkan liputan, menyiapkan isi rubrik, wawancara tatap muka,wawancara doorstop, mencari bahan liputan terjadwal, menulis berita, menyunting berita sendiri dan fasilitas jejaring atau kontak narasumber.

“Adapun sistem penilaian kami dalam UKW adalah 10-100. Nilai 70 dinyatakan Kompeten (dengan kelipatan 5), Peserta boleh tidak setuju dengan nilai yang diberikan penguji. Ada pilihan, setuju atau tidak,” jelas Manager UKW PWI Pusat ini saat mengumumkan hasil UKW.

‎Pada kesempatan itu, Bupati Muara Enim, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Muaraenim, H Rinaldo,SSTP, M.Si berharap, wartawan di Kabupaten Muara Enim ini setelah mengikuti dan lulus UKW seharusnya menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya, sekaligus ikut membantu proses percepatan pembangunan Muara Enim yang Sehat,Mandiri, Agamis dan Sejahtera (SMAS).

Bagi wartawan yang belum lulus, menurut Oka tidak perlu malu bertemu. “Saya khawatir, gara-gara tidak lulus, nanti tidak mau lagi liputan ke humas. Tenang saja kerjasama kemitraan tetap berlanjut kok,” gurau Rinaldo yang langsung disambut tepuk tangan hadirin.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN/KS  | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster