Juni 2017, Tahapan Pilkada Empat Lawang Dimulai

 331 total views,  2 views today

Mobius Alhazan, Ketua KPUD Empat Lawang

Mobius Alhazan, Ketua KPUD Empat Lawang

EMPAT LAWANG | KSOL — Tahapan Pilkada Empat Lawang sekitar enam bulan lagi, atau dimulai pada Juni 2017. Namun, hingga saat ini bakal calon kandidat yang ingin maju di Pilkada Empat Lawang 2018, belum ada menyampaikan secara resmi.

Informasi dihimpun kabarsumatera.com, beberapa pejabat dan politisi diperkirakan bakal maju Pilkada Empat Lawang 2018 mendatang, sudah mulai eksis di masyarakat melalui jejaring sosial seperti Facebook (Fb), Instagram (Ig) dan lain sebagiannya.

Ketua KPUD Empat Lawang, Mobius Alhazan mengatakan, tahapan Pilkada dimulai Juni 2017 mendatang dan setahun kemudian yakni Juni 2018 pelaksanaan Pilkada. Paslon yang pasti bakal maju di Pilkada nanti belum bisa dipastikan. “Belum tahu karena tahapannya belum dilaksanakan. Kalau mereka sudah bersosialisasi di medsos atau di desa-desa, silakan,”kata Mobius.

Setelah masuk tahapan Pilkada, jelas Mobius, paslon dibatasi untuk berkampanye di internet. Website resmi kampanye paslon harus terdaftar di KPU dan diawasi oleh pihak KPU. “Paslon bebas berkampanye di website mereka. Tapi tidak boleh berbau sara dan black campain,” jelasnya.

Kampanye lewat poster dan spanduk juga akan diatur oleh KPU. Contohnya di satu desa jumlah poster dibatasi dan tempat-tempat pemasangannya diatur sehingga tidak sembarang tempat dipenuhi spanduk. “Masa kampanye juga akan diatur, jangan sampai jadwal kampanye mereka bertabrakan di satu tempat. Kampanye mereka lebih bebas sebenarnya dan waktunya cukup lama, empat bulan,” kata dia.

Paslon Pilkada nanti, lanjut Mobius, tidak menutup kemungkinan ada pasangan paslon independent atau paslon non partai politik. Karena itu, pihaknya juga mempersiapkan anggaran untuk calon independent tersebut untuk ikut dalam pencalon kepala daerah. “Kita menyiapkan anggaran untuk empat paslon, karena tidak menutup kemungkinan ada pasangan calon non partai politik. Kalau memang nanti lebih empat paslon, anggaran akan kita ajukan penambahan. Saat ini anggaran masih dibahas,”imbuhnya.

Berkembang informasi di kalangan masyarakat beberapa nama politisi bakal maju di pilkada Empat Lawang 2018 antara lain, politisi PAN, H Joncik Muhammad, politisi PDI Perjuangan, Yulius Maulana, politisi Golkar ada dua nama yaitu Yulizar Dinoto dan David Hadrianto. Sementara itu dari kalangan birokrat muncul nama, H Edua Kohar, Edison Jaya serta termasuk nama H Syahril Hanafiah yang kini menjabat plt bupati Empat Lawang.

TEKS  : SAUKANI |  EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster