Menekan Penyimpangan Remaja Melalui Seni Islami

MUARA ENIM | KSOL – Bagi masyarakat, kesenian qasidah rebana, nasyid maupun Marawis bukan hal baru. Sebab, kesenian ini merupakan budaya khusus yang bernuansa Islami dan sudah lama ada di Kabupaten Muara Enim.

“Kesenian ini sering kita jumpai pada perayaan hari besar Islam, maupun persedekahan  atau acara lain-lainnya” ujar Wakil ‎Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH saat membuka kegiatan

Festival Qasidah Rebana, Nasyid dan Maramis tingkat Kecamatan dalam memeriahkan HUT Kabupaten Muara Enim Ke 70,‎ yang dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, (22/11/2016).

Pada acara yang diikuti dari seluruh kecamatan di Kabupaten Muara Enim ini Nurul menegaskan, musik ‎qasidah rebana, nasyid dan marawis merupakan  seni tradisi Islam yang dari waktu ke waktu dan hingga di era modern terus mengalami perkembangan.

Untuk itu, kata Nurul, pihaknya terus mendorong agar masyarajat dapat melestarikan tiga jenis musik ini, sehingga nantinya kesenian musik bernuansa Islami menjadi nafas di setiap kehidupan di Masyarakat khususnya di Muara Enim.

Sebab, tiga jenis aliran musk ini  menurut Nurul didalamnya membawa pesan dan syiar agama Islam yang lantunannya bersumber dari al-quran dan hadis. Oleh sebab kegaitan Dan loma seni islami ini merupakan salah satu bentuk dukungannya terhadap program Pemkab Muara Enim guna mewujudkan SMAS (Sehat ,Mandiri, Agamis dan Sejahtera).

Nurul berjanji, Pemkab Muaraenim akan terus menggalakkan kegiatan seni Islami. Sebab hal ini akan memberi nilai positif bagi masyarakat, terutama para remaja dan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa.

“Dengan manfaatkan waktu senggang, mereka terus melatih serta mendalami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sehingga para remaja dan anak-anak kita akan dapat terhindar dari pergaulan bebas,  penyalahgunaan narkoba serta perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji,” tambahnya.

Hadir pada acara itu, Wakil Bupati Muara Enim, H Nurul Aman SH sekaligus membuam acara. Hadir pula Kabag Humas Pemda Muara Enim, H Rinaldo S.STP, Msi, Kabag Kesra Drs Rusdi Hairulah M.Si, Kabid UKM Dinas Koperasi Muara Enim Hayadi SE, M.Si, Wakil Polres Muara Enim, Kodim Muara Enim, para ustad dari pengurus pesantren, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN  |  EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com