Empat Lawang Kondusif, Tak Ada Perkembangan Isu SARA

 172 total views,  7 views today

EMPAT LAWANG | KSOL — Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), akan menggelar apel besar kebinekaan bertajuk cinta damai pada, Rabu (23/11/2016) pukul 08.00 WIB, di halaman Pemkab Empat Lawang.

Kepala Badan Kesbangpol Empat Lawang, Januarsah Hambali, SH menjelaskan, apel kebinekaan tersebut akan mengundang seluruh dinas atau SKPD, instansi, Kemenag, FKUB, MUI, Forum Pembauran Kebangsaan, FKDM, pemuda muhamadia, ansyor, NU, Muhamadiyah, Aisiyah, Purna paskibraka indonesia, KNPI, Karangtaruna, Camat, Kapolsek, Danramil, kades, tokoh masyarakat, tokoh agama dan sejumlah elemen masyarakat lainnya. “Para wartawan juga kita undang,” ajaknya, kemarin (21/11/2016).

Kenapa dilakukan apel kebinekaan, jelas Januarsah, sebagai tindak lanjut isi teleghram (Tr) Kapolri, nomor ST/2750/II/2016 tanggal 11 November 2016. Tentang meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas, guna mencegah terulangnya pengerahan masa ke Istana Negara di Jakarta.

Kendati demikian, ia optimis untuk di Empat Lawang belum ada perkembangan isu konflik terkait suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Dengan kata lain, masih dalam kondisi kondusif dan aman.

Terkait berkembangnya isu demo atas dugaan penistaan agama, Januarsah mengimbau agar masyarakat dan terutama para PNS jangan mudah terpancing dan terpropokasi. Masalah isu penistaan agama, serahkan saja ke proses hukum. “Apalagi PNS, harus beri contoh baik. Informasi disampaikan harus benar, jangan menyebar isu bohong,” tegas Januarsah

Ia mengimbau, agar seluruh masyarakat, terutama PNS ikut serta menyebarkan kabar tidak pasti atau kabar berlebihan atau tidak lengkap yang dapat membuat keonaran dikalangan rakyat. karena ada ancaman hukuman sesuai aturan undang-undang. “Waspada, radikalisme sudah mengarah ke sekolah, makanya para guru terutama harus mengawasi anak didiknya,”tukasnya.

TEKS : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com