dana desa

Kaban Pemdes Muaraenim : Jalankan Program Dana Desa Wajib Musyawarah

 126 total views,  2 views today

Kepala BPMD Kabupaten Muara Enim Drs Emran Tabrani Saat Diwawancarai diKantornya‎ Di‎ Komplek Islamic Center Kepur Kota Muara Enim

Kepala BPMD Kabupaten Muara Enim Drs Emran Tabrani Saat Diwawancarai diKantornya‎ Di‎ Komplek Islamic Center Kepur Kota Muara Enim

MUARA ENIM, KSOL – Peringatan keras bagi setiap desa yang menjalankan Program Dana Desa (DD) yang tidak melakukan musyawarah di desanya. Pasalnya, dalam menjalankan program ini setiap desa wajib melakukan musyawarah desa terlebih dahulu.

Hal itu ditegaskan Kepala Badan (Kaban) Pemerintah Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Muara Enim, Drs Emran Tabrani saat dibincangi di kantornya, belum lama ini, (10/11/16).

“Wajib setiap desa melaksanakan musyawarah desa sebelum melaksanakan program DD di setiap desa,” tegas Emran Tabrani.

Menurut Emran, dari musyawarah desa dibuat berita acara untuk melengkapi berkas dalam evaluasi APBDes. “Jadi, kalau tidak ada berita acara maka tidak akan diterima evaluasi APBDesnya desa tersebut, karena harus melampirkan berita acara hasil musyawarah desa,@ tegasnya.

Dijelaskan, di Kabupaten Muara Enim ada 245 desa dari 20 kecamatan. Untuk penerima dana desa totalnya sekitar Rp 151.239. 875.00. 650 juta rata-rata sekitar 600 juta perdesa, tergantung luas penduduk, luas wilayah letak geografis, kondisi ekonomi di desa dan lainnya.

Dalam pengelolaan program dana desa ini sesuai dengan Pemdes No 21/2015 tentang Perioritas Penggunaan Dana Desa, ada dua, yakni, Pembangunan Fisik Produktif, contohnya, digunakan perbaiki pasar desa, jalan produksi perkebunan, Pembuatan pabrik penggilingan padi, Usaha penyewaan orgen tunggal, Irigasi persawahan, dan ternak ayam yang sifatnya (produktif).

“Dan kedua, digunakan untuk pemberdayaan yang diatur oleh desa itu sendiri. Jadi pemberdayaan ini tergantung dari desa itu sendiri yakni, untuk pemberdayaan apa yang dibutuhkan di desa tersebut,” ujarnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN I EDITOR : T PAMUNGKAS





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com