Kapolres Muaraenim : Angkutan Batubara Penyumbang Kecelakaan Lalulintas

 270 total views,  2 views today

MUARAENIM | KSOL —  Kapolres Muara Enim, AKBP Hendra Gunawan,S.IK, M.Si didampingi Kasat Lantas AKP Andik Listiyono,S.IK, mengatakan salah satu diantara penyumbang kecelakaan adalah truk pengangkut batubara.

“Angkutan batubara memang penyumbang kecelakaan lalulintas. Namun karena kondisi jalan  khusus batubara belum selesai sepenuhnya,  maka mau tidak mau kendaraan tersebut harus lewat jalan umum. Karena Batubara juga merupakan investasi ekonomi bagi mayarakat Sumatera Selatan,” ujarnya yang kemudian berharap agar penyelesaian jalan khusus Batubara secepatnya diselesaikan.

Selain itu, Hendra juga2 menganalisa, pertumbuhan ekonomi dan investasi di negeri ini menjadi salah satu diantara penyebab meningkatnya angka kecelakaan. Sebab efek yang muncul terjadinya penambahan kepemilikan kendaraan bermotor, baik roda dua ataupun roda empat. “Yang menyedihkan, hal ini tidak diimbangi dengan penambahan volume Jalan Raya,” tegasnya.

Truk Angkutan Batubara di Sumsel (FOTO.RMOL.COM)

Truk Angkutan Batubara di Sumsel (FOTO.RMOL.COM)

Terkait dengan itu, Polres  Muaraenim melounching Duta Keselamatan Lalulintas. Hendra  menegaskan, melalui program ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya.

“Kita deklarasikan duta lalu lintas ini dengan melibatkan dunia pendidikan dan seluruh masyarakat, karena dengan melalui dunia pendidikan dan seluruh elemen masyarakat, akan tumbuh kembang tingkat kesadaran masyarakat dalan berlalulintas khususnya di wilayah kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Saat ini menurut Hendra, tingkat kesadaran  masyarakat terhadap disiplin lalu lintas memang pihaknya akui masih sangat kurang. Akibatnya, banyak kecelakaan yang di timbulkan dan bersumber dari masyarakat itu sendiri.

Hendra mengakui kalau saat ini banyak warga yang mampu memiliki kendaraan, namun tidak di imbangi dengan kesadaran berlalu lintas. Akibatnya jumlah kecelaaan lalu linta (lakalantas) meningkat dari tahun ke tahun, baik secara nasional maupun di daerah.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster