Ada 6 Aspek Penting pada Anak, Kenalkan Agama Sejak Dini, Dan…

 510 total views,  2 views today

MUARA ENIM | KSOL – ‎Kepala Bidang (Kabid) Pendataan Pendidikan Anak Usian Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Muara Enim, Drs Winarto MM, dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan upaya pemberian rangsangan pendidikan pada anak usia dini. Sebab, hal itu untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani pada setiap peserta didik.

“Ada 6 aspek perkembangan anak yang perlu ditumbuhkembangkan sejak dini, yakni keagamaan,  fisik, motorik, kognitif dan sosio-emosional,” ujarnya pada Manasik Haji Anak Usia Dini, di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Kota Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (27/9/16).

Lebih lanjut, Winarto menjelaskan, perkembangan pasa masa anak-anak awal meliputi perkembangan fisik, intelektual, dan sosio-emosional. Pada masa ini, menurut Winarno, anak akan merasakan pengaruh-pengaruh serta perubahan fungsi fisik yang semakin berkembang, sehingga menyebabkan proses pertumbuhan yang penuh variasi  sesuai dengan individu, kepribadian, campur tangan keluarga dan pribadi anak.

Petumbuhan fisik menurutnya, tidak dapat dikatakan mengikuti pola ketetapan yang tertentu. Pertumbuhan tersebut terjadi secara bertahap. “Dengan kata lain, seperti naik turunnya gelombang, adakalanya cepat, adakalanya lambat,” tegasnya.

Pada acara yang bertema “Melalui manasik haji anak usia dini, kita tanamkan nilai-nilai Islam dan optimalisasi perkembangan anak untuk menciptakan generasi islami” ini, Winarno juga mengatakan, melalui pertemuan siswa dari tempat lain seperti ini, akan timbul kebersamaan dan disiplin serta belajar berbahasa.

Acara yang digelar Ikatan Guru Taman Kanan (IGTK) dan Himpunan Pendidik Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Muara Enim dibuka Dr Hj Shinta Paramitha, SH M.Hum, Bunda PAUD Kabupaten Muara Enim.

Ketua IGTK Muara Enim, Hj Titin Sumarni, S.Pd menyebutkan, acara ini merupakan bentuk silaturahmi anak usia dini di Muara Enim, sekaligus untuk mengenalkan dan menambah pengetahuan Agama Islam bagi anak-anak sejak dini.

Hadir pada acara itu, Kabid PAUNI Diknas Kabupaten Muara Enim, Drs H Winarto MM, Kepala UPTD Disdikbud Kecamatan Kota Muara Enim, Zulpani,S.Pd dan Kepala UPTD Disdikbud Kecamatan Lawang Kidul, Dr Yusnawati, S.Pd, MM, 1002 orang anak berasal dari seluruh TK dan PAUD Kecamatan Kota Muara Enim, serta para wali santri.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM  | EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster