Setelah Pemdes Vakum, Akhirnya Herwanudin Terpilih Jadi Kades PAW

 240 total views,  2 views today

MUARA ENIM | KSOL – Setelah dilakukan pemungutan suara hasil dari Musyawarah Desa yang digelar masyarakat Desa Kepur Kecamatan Kota Muara Enim, akhirnya calon Kepala Desa Herwanudin D, terpilih menjadi Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Kepur Kecamatan Kota Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, untuk masa bhakti 2013-2019,  Senin (26/9/16)‎.

Ketua Panitia, Miswadi saat di konfirmasi Reporter RGBA FM‎ disela-sela pemilihan Kades, Senin (26/9/16) membenarkan, Herwanudin D Salah satu calon dengan nomor urut 2, memenangi pemilihan kades (pilkades) PAW dengan mendulang  381 suara, mengungguli perolehan suara Zakia Mabruka dengan nomor urut 1 yang memperoleh 316 suara. Sedangkan yang batal atau cacat sebanyak 17 surat suara.

Tampak Suasana pemilihan Kades Kepur PAW , Senin (26/9/16) pagi

Tampak Suasana pemilihan Kades Kepur PAW , Senin (26/9/16) pagi

Menurut Miswadi, jumlah undangan yang disebarkan panitia sebanyak 807. Dari jumlah 807 tersebut yang memberikan hak suara sebanyak 714 dengan rincian laki-laki 623 dan perempuan 91. Sedangkan yang tidak memberikan hak suara sebanyak 93 orang.

Proses Musyawarah Desa dari pagi hingga berlangsungnya pemilihan dan penghitungan suara berjalan lancar dan damai. “Kami segenap panitia mengaturkan terima kasih terutama anggota BPD, Perangkat Desa, Pasukan Linmas, anggota Kepolisian dan anggota TNI, serta masyarakat Desa Kepur sendiri yang telah berperan aktif dalam menjaga dan turut mensukseskan acara hingga berakhirnya,” ujar Miswadi.

Hasminudin, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kepur

Hasminudin, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kepur

Sementara itu, Baharudin,  salah seorang warga Kepur, mengatakan, masyarakat berharap kepala Desa PAW  yang terpilih akan mampu menjalankan roda pemerintahan Desa Kepur sampai masa jabatan dengan penuh tanggungjawab dan amanah serta dapat mengayomi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” harapnya.

Kepemimpinan Herwanudin D sebagai Kades PAW, merupakan tampuk kepemimpinan lanjutan, setelah kades sebelumnya, tersandung kasus hukum.

Seperti disampaikan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kepur, Hasminudin, Minggu (25/9/16), berdasarkan Surat Bupati Muara Enim nomor. 140/622/BPMD-/2016 tanggal 31 Mei 2016 tentang Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu, Pemerintahan Desa Kepur harus melakukan pemilihan Kepala Desa yang baru.

Sebab sejak dikeluarkannya surat pemberhentian saudara Sumardi, Kepala Desa terpilih hasil pemilihan yang dilaksanakan pada 2013 roda pemerintahan desa menjadi vakum. Pasalnya Kepala Desa terpilih tersandung kasus hukum dan telah mendapat vonis  Pengadilan Negeri (PN) Muara Enim, dengan maka Sumardi harus menjalani hukuman.

Akibatnya, Pemerintahan Desa sempat terhenti dalam beberapa waktu, dan dikendalikan sementara Pejabat Kepala Desa, Paradita Arisandi S. STP. M.Si. Baru kemudian dilakukan Pilkades PAW, Senin (26/9/016) untuk kembali menjalankan roda pemerintahan di desa tersebut secara normal.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM  |  EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster