Sekda Empat Lawang : Pilkades Tidak Harus Sistem e-Voting

 409 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG | KSOL – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang ke-2 tahun 2016, dilaksanakan 14 November mendatang. Dalam sosialisasi Pilkades, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang, mengusung moto “mari kita wujudkan pilkades yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil)”.

Sekda Empat Lawang, Edison Jaya mengatakan, sosialaisasi gelombang ke-2 Kabupaten Empat Lawang tahun 2016 merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan. Karena pelaksanaan Pilkades sudah diatur Peraturan Pemerintah (PP) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 102 yang disebutkan : pemilihan kepala desa secara serantak yang maksimun dikaksanakan 3 gelombang dalam kurun waktu 6 tahun.

“Kita komitmen pada Undang-Undang yang berlaku untuk serentak dalam waktu yang bersamaan di seluruh Empat Lawang.  Jadi ini tanggung jawab kita bersama,” kata Edison, Selasa (27/9/2016).

Edison menyebutkan, pelaksanaan Pilkades  tidak mesti menggunakan e-voting. Sebab sistem e-Voting maupun manual, hanya variasi. “Kalau ada komentar mundur, kalau masalah teknologi mundur sedikit, tapi menurut hukum mengalami kemajuan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, sebagai pelaksana Pilkades, nantinya semua pihak diharuskan netral. “Semua putra terbaik. Silakan mereka maju dan siapa yang menang berdasarkan suara yang terbanyak dan sah. Itu kita dukung bersama,” ujarnya.

Edison mengimbau, bagi kades yang terpilih, agar bisa mengayomi, membina dan meningkatkan peran serta masyarakat di bidangnya masing-masing,  guna menuju Empat Lawang EMASS. “Kita ini ingin memperjuangkan kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPMPD Empat Lawang, Alhumaidi Saman, dalam laporanya mengatakan,  pada  Pilkades serentak ke-2, diharapkan semua elemen dapat bekerja sama dalam menyukseskan Pilkades tersebut. “Saya berharap dengan diadakan sosialisi Pilkades tahap kedua dapat menciptakan kades yang mandiri dan bertanggungjawab. Di tahun ini, para camat penanggungjawab Pilkades tingkat kecamatan,” tegasnya.

TEKS : ARI | EDITOR : SAUKANI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster